Salah Satu Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung

Salah Satu Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung
SEHAT | 24 Mei 2020 00:49 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada momen lebaran seperti sekarang, pada banyak keluaga, makanan ini juga mudah ditemui. Sayur rebung dengan kuah santan merupakan hidangan lezat yang menemani opor ayam serta berbagai hidangan lain.

Rebung merupakan salah satu sayur yang sangat mudah ditemui dalam berbagai olahan makanan di Indonesia. Sayuran ini biasanya bisa kita temui pada masakan sayur santan atau pada lumpia.

Rasa yang lezat dari rebung ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang tak dapat diremehkan. Dilansir dari Organic Facts, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari sayur rebung.

1 dari 8 halaman

Rendah Gula

Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

2 dari 8 halaman

Sumber Protein

100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

3 dari 8 halaman

Kaya Vitamin dan Mineral

Rebung merupakan sayur yang kaya kandungan vitamin dan mineral. Rebung memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.

Sejumlah mineral juga ditemukan ada di dalam rebung. Mineral ini meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4 dari 8 halaman

Tinggi Serat

Rebung juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

5 dari 8 halaman

Merangsang Nafsu Makan

makan

Rebung memiliki kandungan tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka yang cocok.

6 dari 8 halaman

Mengontrol Kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus. Sejumlah manfaat ini menjadikannya makanan yang tepat untuk disantap dalam berbagai kondisi.

7 dari 8 halaman

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Rebung merupakan sayuran yang kaya dengan kandungan vitamin dan mineral. Kandungan dalam rebung tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8 dari 8 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

darah

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Sejumlah manfaat luar biasa tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi sayur rebung. Mengingat makanan ini biasanya mudah kamu temui saat lebaran, maka ini saatnya untuk memakannya dalam jumlah banyak-banyak. (mdk/RWP)

Baca juga:
Susu Bisa Jadi Pilihan Minuman yang Tepat dan Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Buah-Buahan Khas Negara Tropis
5 cara Buat Anak Tetap Mau Konsumsi Makanan Sehat di Masa Pandemi
Begini Cara Tepat Atasi Ngemil Berlebih pada Masa Pandemi
Deretan Manfaat yang Bisa Diperoleh ketika Buka Puasa dengan Kurma

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami