Sebelum Lakukan Operasi Bedah Plastik, Perhatikan Riwayat Kesehatan yang Dimiliki

SEHAT | 9 September 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Sebelum menjalani operasi plastik, seseorang perlu mempersiapkan segala hal terlebih dahulu. Salah satu yang perlu dipersiapkan dan diketahui adalah masalah kesehatan yang mungkin mereka miliki.

Prosedur bedah plastik bukanlah operasi yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Tetap ada ketentuan yang harus ditaati, sama ketika seseorang melakukan tindakan medis lainnya.

Menurut dokter spesialis bedah plastik Donna Savitry pada Health Liputan6.com, pasien harus melakukan terlebih dulu konsultasi dengan dokter secara langsung, sebelum melakukan tindakan bedah plastik.

Seringkali, ada banyak pasien yang ingin melakukan tindakan tersebut dengan cepat dan terburu-buru. Padahal pemeriksaan dilakukan untuk melihat apakah ada kontraindikasi atau kondisi kesehatan tertentu yang mempersulit tindakan tersebut.

"Tentu saja semuanya itu sebelum operasi harus diperiksa, laboratorium, rontgen, bahkan kalau dianggap perlu ke spesialis penyakit dalam atau jantung, itu namanya toleransi operasi. Jadi keamanan untuk menjalankan operasi dari segi keadaan umumnya," kata Donna yang juga Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) ini.

1 dari 3 halaman

Bahaya Bagi Penderita Diabetes

Donna mencontohkan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat saat ini yaitu diabetes.

"Ketika diabetesnya tidak terkontrol terus dioperasi, lukanya pasti akan tidak sembuh-sembuh, basah terus," kata Donna.

2 dari 3 halaman

Perlu Pengawasan Dokter Penyakit Dalam

Untuk itu, pasien diabetes yang akan prosedur operasi plastik harus terlebih dulu mengatur gula darahnya hingga di bawah 200 serta mendapatkan persetujuan dari dokter spesialis terkait.

"Supaya juga diawasi oleh spesialis penyakit dalam agar selama periode penyembuhan gula darahnya juga bagus terus. Kalau periode penyembuhan gula darahnya naik jadi 400, tiba-tiba 180, naik turun tidak karuan, hasilnya juga akan jelek," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Lakukan Pemeriksaan dulu Sebelumnya

Karena itu, sebelum melakukan bedah plastik, cek dulu kondisi kesehatan kamu dengan dokter. Selain itu, lihat siapa dokter yang akan melakukan prosedur tersebut. Di sini, hanya dokter spesialis bedah plastik yang boleh melakukan hal tersebut.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Perhatikan Dokter dan Layanan yang Diberikan Saat Ingin Melakukan Bedah Plastik
7 Teknologi Modern yang Ternyata Konvensional, Sudah Ada Sejak Dulu!
Pria yang Jalani Operasi Plastik Tertentu Bisa Membuat Mereka Lebih Dipercaya
Prosedur Operasi Plastik ini yang Paling Digemari di Indonesia
Lansia Boleh Operasi Plastik Asal Penuhi Syarat Berikut