Secara Ilmiah, Ini 5 Cara Agar Lebih Sehat di Akhir Pekan

Secara Ilmiah, Ini 5 Cara Agar Lebih Sehat di Akhir Pekan
Ilustrasi bangun tidur. © mentalfloss.com
SEHAT | 23 Oktober 2021 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika akhir pekan tiba, banyak orang yang menghabiskan waktu dengan cara yang beragam. Ada yang berolahraga, ada yang bersantai dan bermalas-malasan seharian, bahkan tak sedikit yang bepergian untuk menghabiskan akhir pekan mereka.

Bagi banyak orang, akhir pekan memang merupakan waktu yang dinanti-nanti untuk melepaskan segala rasa lelah dan suntuk. Namun tak jarang akhir pekan yang harusnya jadi menyenangkan dan menyehatkan malah membuat seseorang menjadi lebih lelah dan tak sehat setelah usai.

Sejumlah kebiasaan yang dilakukan secara sembarangan di akhir pekan bisa menjadi penyebab munculnya dampak ini. Dilansir dari NBC, penelitian dari Cornell University mengungkap bahwa seseorang lebih rentan bertambah berat badan usai akhir pekan atau pada hari senin.

Hal ini bisa terjadi karena pola makan, jam tidur, serta tingkat stres yang terkadang menjadi berantakan pada akhir pekan. Oleh karena itu, penting untuk menghabiskan akhir pekan ini secara sehat. Dilansir dari NBC, berikut lima hal yang terbukti secara ilmiah bisa membuat akhir pekan menjadi lebih menyehatkan.

1. Tetap Bangun Sesuai Jadwal Setiap Hari

Bagi banyak orang, akhir pekan merupakan waktu bermalas-malasan dan bangun lebih siang. Namun rupanya hal ini malah justru bisa berdampak buruk pada tubuh.

Penelitian yang dilakukan di University of Arizona-Tuscon mengungkap bahwa perubahan jam tidur ini bisa berdampak buruk. Hal ini bisa membuatmu lebih lelah serta mood juga cenderung berantakan dibanding ketika kamu memertahankan jadwal tidur secara konsisten dalam tujuh hari.

Selain itu, perubahan jam tidur ini juga bisa memiliki dampak yang buruk pada kesehatan jantung. Oleh karena itu, pastikan di akhir pekan kamu tetap bangun pada jam yang sama seperti sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Aktif Bergerak dan Konsumsi Makanan Secara Terkendali

dan konsumsi makanan secara terkendali

2. Tetap Aktif Bergerak

Adanya waktu luang di akhir pekan, menjadikan hari minggu biasanya merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Walau begitu, tetap tak sedikit orang yang menikmati akhir pekan mereka dengan bermalas-malasan atau tiduran saja.

Kurangnya gerakan pada akhir pekan ini merupakan penyebab meningkatnya berat bada pada waktu ini. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berolahraga di akhir pekan walau hanya sebentar.

3. Konsumsi Makanan Secara Terkendali

Bagi mereka yang menerapkan pola makan secara ketat setiap hari, akhir pekan seringkali menjadi hari pembebasan untuk makan hal-hal yang biasanya pantang dilakukan. Hanya saja, pastikan untuk melakukannya secara terkendali dan penuh perhitungan.

Pastikan jangan makan secara berlebihan pada saat akhir pekan ini. Walau begitu membatasi konsumsi makanan yang biasanya pantang dan hanya dilakukan pada akhir pekan bisa jadi motivasi untuk makan secara sehat pada hari-hari biasa.

3 dari 3 halaman

Bergaul dan Berendam Air Panas

berendam air panas

4. Bergaul

Pada akhir pekan, sangat diarankan untuk melakukan sosialiasi dan bergaul dengan teman atau kelurga. Dampak hidup sendiri dan terasing secara sosial bisa sama seperti obesitas.

Semakin melonggarnya PPKM bisa membuatmu mulai bertemu dengan teman atau keluarga walau secara terbatas. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Public Health mengungkap bahwa wanita lanjut usia yang memiliki jaringan sosial luas, cenderung memiliki risiko demensia dan masalah kognitif yang lebih rendah.

5. Mandi Air Panas

Mandi dan berendam air panas juga bisa menjadi cara untuk membuat akhir pekan lebih sehat. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi rileks dan siap untuk tidur dengan kualitas baik.

Berendam air panas juga bisa menjadi cara untuk menurunkan tekanan darah dan membakar kalori. Cara ini bisa sangat menyenangkan dan menenangkan untuk dilakukan pada akhir pekan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Penyakit Jantung Tetap Bisa Muncul Walau Rajin Olahraga, Ketahui Risiko Lainnya
4 Cara Mengatasi Bertambahnya Berat Badan Akibat Pandemi
Makan Buah dan Sayur serta Berolahraga Bisa Buat Diri Jadi Bahagia
Waspada saat Tingkatkan Intensitas Olahraga, Bisa Sebabkan Imunitas Menurun
Nekat Olahraga Tanpa Menghapus Makeup, Berikut Sejumlah Dampak yang Dialami Wajahmu
Bisa Sebabkan Cedera, Hindari Memforsir Diri dalam Melakukan Olahraga

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami