Secara Rata-Rata, Manusia Menelan 2.000 Partikel Plastik Setiap Harinya

SEHAT | 15 Juni 2019 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tanpa kita sadari, pada kehidupan sehari-hari, kandungan plastik dalam ukuran yang sangat kecil masuk ke dalam tubuh kita. Walau begitu, ternyata ukuran dari plastik ini cukup banyak jika diakumulasi selama seminggu.

Dilansir dari New York Post, diketahui bahwa manusia menelan setidaknya 5 gram mikroplastik setiap minggunya. Jumlah itu sendiri sama dengan sekitar sebuah kartu ATM.

Temuan ini diketahui berdasar sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Newcastle, Australia dan World Wildlife Fund for Nature (WWF).

"Untuk pertama kalinya, hasil penelitian ini menyebut perkiraan yang tepat dari jumlah plastik yang ditelan manusia," ungkap Dr Thava Palanisami yang terlibat dalam penelitian ini.

Peneliti menganalisis lebih dari 50 penelitian mengenai mikroplastik. Diketahui bahwa sebagian besar dari dua ribu partikel yang ditelan setiap minggu muncul dari air minum sehari-hari.

Palanisami menyebut bahwa hasil temuan ini menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut di masa depan mengenai dampak kesehatan dari menelan plastik. Selain dari air minum, terdapat beberapa hal yang menjadi sumber masuknya plastik dalam tubuh.

Sumber kedua tersebsar masuknya plastik ke dalam tubuh ini secara mengejutkan merupakan konsumsi kerang. Sumber terbesar selanjutnya adalah konsumsi dari bir dan garam.

WWF berharap bahwa hasil penelitian ini bisa menjadi penanda bagi pemerintah di seluruh dunia untuk menerapkan tindakan dan membatasi sampah plastik.

"Plastik tak hanya mengotori laut dan saluran air kita namun juga kehidupan di laut dan manusia. Tindakan global yang cepat sangat mendesak untuk dilakukan dalam menghadapi krisis ini," ungkap WWF.

Baca juga:
Benarkah Tunanetra Memiliki Kemampuan Pendengaran yang Lebih Tajam?
Pengguna Alat Pacu Jantung Tak Perlu Khawatir Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara
Mata Jadi Merah Karena Berenang? Ini Penyebab Utamanya
Begini Trik Nyaman Agar Anak Nyaman Melalui Perjalanan Menggunakan Pesawat
Mengenal Apa Itu PCOS dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Ini Penyebab Terjadinya Masalah Kulit Kepala pada Seseorang

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT