Sedang menyusui? Konsumsi 5 makanan ini

Sedang menyusui? Konsumsi 5 makanan ini
SEHAT | 9 September 2014 12:43 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Memiliki seorang buah hati adalah hal yang sangat membahagiakan bagi para wanita. Sehingga wanita yang baru saja melahirkan akan benar-benar menjaga kesehatan tubuh mereka. Salah satunya adalah dengan memberikan asi pada buah hati mereka.

Seperti dilansir dari magforwomen.com, inilah makanan terbaik yang wajib dikonsumsi para ibu muda.

Salmon

ikan salmon termasuk jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi di dalamnya. Zat ini bermanfaat untuk pembentukan DHA dan sistem saraf bayi. Namun Anda juga tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, sebab ikan salmon mengandung merkuri di dalamnya.

Produk susu rendah lemak

Produk susu rendah lemak adalah pilihan yang bagus bagi para ibu muda untuk mendapatkan vitamin B, D, dan kalsium yang diperlukan. Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang bayi lewat ASi, vitamin dan mineral tersebut juga baik untuk memperkuat fisik si ibu.

daging sapi tanpa lemak

Daging sapi adalah sumber zat besi, protein, serta vitamin B12 terbaik. Zat ini mampu memberikan suntikan energi pada ibu muda serta meningkatkan kesehatan bayi. Pilihlah jenis daging merah dengan jumlah lemak yang tidak terlalu tinggi agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Beras merah dan kacang-kacangan

Beberapa ibu muda mungkin berpikiran untuk segera menurunkan berat badan mereka setelah melahirkan. Sehingga mereka pun memangkas konsumsi karbohidrat. Padahal karbohidrat sendiri penting untuk cadangan energi. Daripada Anda menggunakan cara tersebut, ganti nasi putih Anda dengan nasi merah yang lebih rendah kadar gula dan karbohidratnya. Kacang-kacangan sendiri semakin melengkapi nutrisi yang Anda peroleh dari beras merah.

Sayuran hijau

Tidak perlu diragukan lagi bahwa sayuran hijau sangat kaya manfaat untuk kesehatan. Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya baik untuk peningkatan kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan serta memperlancar ASI.

Seorang ibu hamil terutama yang menyusui harus sangat memperhatikan makanan yang mereka makan. Sebab mereka sendiri harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral buah hati mereka lewat ASI. Jika Anda seorang ibu hamil dan menyusui, konsumsi makanan di atas agar Anda dan buah hati selalu sehat dan bugar. (mdk/feb)

Bakar lemak lebih cepat dengan mengonsumsi 7 sayuran ini

6 Kebaikan cuka apel untuk kesehatan tubuh

7 Manfaat lemon segar untuk kesehatan tubuh

7 Keutamaan brokoli untuk kesehatan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami