Sederet Benda Sehari-Hari yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Nyeri Punggung

Sederet Benda Sehari-Hari yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Nyeri Punggung
SEHAT | 28 Februari 2019 00:24 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Nyeri punggung adalah salah satu masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat tubuh terasa tak nyaman. Dibandingkan rasa nyeri pada bagian tubuh lain, peneliti mengungkap bahwa sakit punggung paling sering membuat orang izin bekerja.

Rasa sakit pada punggung ini kerap muncul secara tiba-tiba dan kerap kali terjadi karena hal yang tidak disadari dan oleh benda-benda yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang bisa menyebabkan nyeri punggung.

1. Tas

Tas yang terlalu berat adalah salah satu penyebab munculnya sakit punggung. Jika kamu terbiasa membaca benda-benda berat dalam tas sebaiknya mulai kurangi kebiasaan itu mulai sekarang.

2. Kasur

Berdasarkan spine-health.com, menggunakan kasur yang tak bisa memberikan cukup topangan untuk tulang juga bisa menyebabkan sakit punggung. Kasur dengan kualitas buruk akan menyebabkan postur tubuh yang buruk, otot yang kaku, cedera, serta buruk untuk persendian yang pada akhirnya bisa menyebabkan sakit punggung.

3. Komputer

Jika kamu bekerja di kantor dan menggunakan komputer seharian, bisa jadi kamu berisiko terkena penyakit punggung. Menggunakan komputer seharian identik dengan postur duduk yang buruk dan bisa menyebabkan rasa nyeri punggung. Untuk mencegah hal ini, duduklah dengan postur yang benar dan tata meja kerja kamu dengan baik.

4. Sepatu

Memilih sepatu juga penting untuk menjaga kesehatan punggung dan mencegah nyeri pada punggung. Salah satu sepatu yang buruk untuk punggung adalah sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi akan membuat tubuh lebih condong ke depan sehingga membuat tulang belakang bekerja lebih keras.

5. Dompet

Meletakkan dompet tebal di saku belakang, seperti yang sering dilakukan oleh pria bisa menyebabkan sakit punggung. Dilansir dari everydayhealth.com, kebiasaan ini bisa memicu sakit punggung karena duduk pada dompet yang terlalu tebal dalam waktu yang lama bisa memberikan tekanan pada otot di dalamnya.

6. Kurang Olahraga

Ketika merasakan sakit punggung seseorang biasanya akan beristirahat dan tak berani bergerak. Padahal menurut NHS, jika ingin segera sembuh dari sakit punggung, kamu justru harus tetap aktif dan melakukan olahraga seperti biasa. Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit punggung.

7. Telepon Genggam

Seperti dilansir oleh Healthcentral.com, menggunakan telepon genggam dalam waktu yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini karena biasanya ketika menggunakan telepon genggam, seseorang akan mencondongkan lehernya dan membuat postur yang aneh. Jika ini berlangsung lama, bukan tak mungkin kamu akan mengalami sakit punggung.

8. Bersepeda

Berdasarkan prevention.com, sakit punggung juga bisa dipicu oleh kebiasaan bersepeda kamu. Ini bisa terjadi jika dudukan sepeda tidak pas dengan postur tubuh saat bersepeda. Postur yang buruk saat bersepeda karena letak dudukan yang tak tepat bisa memicu sakit punggung.

Beberapa hal kecil sehari-hari itu tanpa kamu sadari dapat menyebabkan munculnya masalah sakit punggung. Perbaiki berbagai kebiasaan tersebut agar kamu dapat terhindar dari masalah punggung lebih berat. (mdk/RWP)

Baca juga:
Bukan Orang Tua, Kecetit Malah Lebih Banyak Dialami Orang Dewasa Muda
Apa Sih Sebenarnya Kecetit atau Saraf Kejepit itu?
Posisi Kepala Ketika Bekerja Bisa Buat Badan Kamu Sakit
Sedang nyeri punggung? Obati dengan 5 cara sederhana ini
Atasi nyeri punggung dengan ramuan dari bawang putih ini
6 Cara meringankan dan mencegah nyeri punggung
Banyak minum air putih, kunci hindarkan nyeri punggung

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami