Seiring Pertambahan Usia, Ini Sejumlah Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan

Seiring Pertambahan Usia, Ini Sejumlah Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan
ilustrasi cek kesehatan paru-paru. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Photographee.eu
SEHAT | 15 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Seiring bertambahnya usia masalah kesehatan yang kita miliki bisa bertambah. Hal ini terutama ketika kita memiliki gaya hidup yang juga bisa memicu masalah tersebut.

Perubahan gaya hidup dan bertambahnya usia dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular. Masalah kesehatan ini bisa berupa diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah hingga kanker, oleh karenanya pemeriksaan kesehatan secara wajib untuk dilakukan.

Pemeriksaan kesehatan biasanya meliputi pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan organ-organ penting seperti jantung, otak, paru, ginjal, pemeriksaan tulang, komposisi tubuh, mata, gigi, dan lainnya. Sebab tidak semua masalah kesehatan menunjukkan gejala pada tahap awal.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Imelda Maria Loho, Sp.PD mengatakan pemeriksaan berkala penting dilakukan untuk mengetahui berbagai risiko penyakit baik yang bergejala maupun tidak.

"Kolesterol tinggi enggak ada gejala kayak sakit-sakit leher, sakit leher itu karena posisi duduk yang tidak benar. Darah tinggi juga sering tidak bergejala tapi tiba-tiba tekanannya bisa sampai 200, terus tiba-tiba datang ke rumah sakit sudah dengan penyakit komplikasinya, yang bergejala justru yang komplikasi bukan penyakit utamanya," kata dr. Imelda dalam webinar "Pemeriksaan Kesehatan Berkala, Apa yang Harus Diperhatikan", beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Baca Selanjutnya: Pemeriksaan yang Wajib Dilakukan...

Halaman

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami