Sejumlah Bahaya yang mengancam Jika Anak-Anak Menggunakan Make Up

SEHAT | 30 Maret 2019 08:39 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat ini banyak anak kecil sudah mencoba untuk menggunakan make up. Baik karena terpengaruh oleh orang tua maupun video yang beredar di media sosial, keinginan anak untuk menggunakan make up lebih meningkat dibanding pada masa lalu.

Namun menggunakan make up pada anak-anak ini jelas berbahaya. Pasalnya, pada anak di bawah 12 tahun, kulitnya masih masih sensitif. Memakai kosmetik yang zat aktifnya cukup banyak bisa memicu iritasi dan alergi parah.

"Daya tahan kulit anak dan kulitnya belum sebagus orang dewasa, jadi memang reaksi iritasinya lebih cepat. Tapi, kalau dicoba dan langsung dibersihkan, apalagi kalau makeup khusus anak, harusnya aman. Kecuali mengandung zat alergi," tutur Anesia Tania, dokter spesialis Kulit dan Kelamin saat ditemui di acara peluncuran Senka di Shangri-La Hotel, Jakarta Selatan.

Jika ingin memakaikan make up pada anak, sebaiknya tunggu hingga mereka berusia 12 tahun. Pilih juga yang formulanya ringan atau memang dibuat khusus untuk anak.

"Tunggu sampai mereka remaja dulu sepertinya. Di atas usia 12 tahun, kelenjar minyaknya sudah menyerupai orang dewasa dan barrier kulitnya mulai aktif. Sudah boleh pakai make up tipis," katanya.

Meski demikian, Anesia tidak menyarankan untuk memakaikan make up pada anak.

"Kulit anak masih bagus, belum ada celah. Warna dan kolagennya masih bagus, jadi sebaiknya tidak usah dipakaikan," jelas Anesia .

Risiko lainnya jika anak menggunakan kosmetik adalah kulitnya bisa menjadi kering, kemerahan bahkan mengelupas hingga perih. Sebaiknya dihindari mengaplikasikan make up pada wajah anak.

Jika memang harus mengenakan riasan, misalnya untuk acara pertunjukan, menghadiri acara resmi, sebaiknya pilih yang formulanya ringan dan aman bagi kulit anak. Segera setelah acara selesai, segera bersihkan wajahnya sampai residu make up benar-benar hilang.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Tak Hanya Orang Tua, Bayi Juga Bisa Menderita Glaukoma
Perkembangan Tubuh Batita Ternyata Berhubungan dengan Perkembangan Otak
Terlalu Overprotektif pada anak Bisa Buat Perkembangan Terhambat
Perhatian dan Pembentukan Mental pada Anak Bisa Bantu Mereka Atasi Bullying
7 Makanan yang Bisa Membantu Tinggi Anak Bertambah Pesat
Pastikan Anak Mengonsumsi Makanan Kaya Omega-3 Pada Seribu Hari Pertama
Begini Cara Hentikan Kebiasaan Mengisap Jempol pada Anak

(mdk/RWP)