Sejumlah Hal yang Bakal Ditunjukkan oleh Tubuh ketika Kekurangan Vitamin D

Sejumlah Hal yang Bakal Ditunjukkan oleh Tubuh ketika Kekurangan Vitamin D
SEHAT | 24 Mei 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan yang seimbang merupakan hal yang penting. Protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang merupakan hal yang dibutuhkan demi kesehatan.

Salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin D. Vitamin ini memiliki peran penting bagi tulang serta bagi sistem kekebalan tubuh.

Sumber alami untuk memperoleh vitamin D ini adalah dari cahaya maahari. Sejumlah makanan juga bisa memberikan vitamin ini pada tubuhmu.

Ketika tubuh kekurangan vitamin D, berbagai dampak kesehatan bakal muncul. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah hal yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika kekurangan vitamin D.

1 dari 6 halaman

Melemahnya Kesehatan Tulang

Melemahnya kekuatan tulang merupakan gejala yang tampak ketika tubuh kekurangan vitamin D. Kurangnya vitamin D bisa meningkatkan risiko masalah tulang serta memunculkan rasa nyeri di tubuh.

2 dari 6 halaman

Nyeri Otot Kronis

kronis

Munculnya nyeri otot secara tiba-tiba pada tubuh bisa jadi tanda kurangnya vitamin D. Kurangnya nutrisi ini bisa menyebabkan rasa lemas dan sakit pada otot baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

3 dari 6 halaman

Sering Sakit

Vitamin D bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kurang vitamin ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi menurun sehingga kamu lebih rentan sakit.

4 dari 6 halaman

Rasa Lelah yang Tak Wajar

yang tak wajar

Banyak penelitian mengungkap hubungan antara kekurangan vitamin D serta munculnya rasa lelah pada wanita. Vitamin D bermanfaat dalam meningkatkan energi dan membuatmu tetap aktif. Kondisi kelelahan yang tiba-tiba muncul menandakan rendahnya vitamin D dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Lamanya Luka Sembuh

Ketika mekanisme menyembuhkan diri tidak bekerja dengan benar, luka yang kamu alami bakal membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Vitamin D bermanfaat untuk melawan infeksi, mengontrol peradangan, serta memastikan tubuh pulih dengan tepat. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan tubuh butuh waktu lama untuk memulihkan diri.

6 dari 6 halaman

Rambut Rontok

Selain karena stres, kurangnya vitamin D merupakan salah satu penyebab rambut patah atau rontok. Hal ini juga berhubungan dengan alopecia, penyakit autoimun yang disebabkan kekurangan vitamin d dalam tubuh dan ditandai dengan rambut rontok.

Deretan masalah tersebut bakal muncul pada tubuhmu ketika kekurangan vitamin D. Agar terhindar dari masalah tersebut, pastikan konsumsi makanan kaya vitamin D seperti telur, susu kedela, keju, yogurt, serta bayam. Kamu juga bisa berjemur untuk memperoleh viamin D ini secara alami. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Bisa Buat Seseorang Jadi 'Lemot'
Kenali Sejumlah Gaya Hidup yang Buat Seseorang Berisiko Terkena Kanker Usus
5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai
Susu Bisa Jadi Pilihan Minuman yang Tepat dan Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
6 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi Ramuan untuk Membuat Kulit Jadi Berkilau

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5