Sejumlah Hal yang Harus Diketahui dari Penggunaan Botol untuk Minum Sehari-Hari

SEHAT | 21 Juni 2019 00:35 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kesadaran akan lingkungan yang meningkat membuat banyak orang kini membawa botol minum sendiri ke mana pun dia pergi. Tindakan ini diharap mampu mengurangi sampah plastik atau bahan lain sekali pakai.

Walau lebih ramah lingkungan, jika tak berhati-hati, penggunaan botol berulang ini bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Baik wadah maupun air yang di dalamnya bisa jadi membahayakan jika tidak hati-hati.

Dilansir dari Times of India, disebut bakal muncul kuman termasuk bakteri, jamur, dan virus yang ada di botol ini. Menurut mukrobiologis dari William Paterson University, kuman ini dapat mencemari air pada botol yang kita gunakan terlebih ketika tutup dari botol tersebut terbuka.

Bagaimana Cara Persebaran Kuman Ini?

Ketika kamu meminum air dari botol, air tersebut bakal terkena mulut dan bibirmu. Partikel makanan dari mulut dapat masuk ke air yang kemudian bisa masuk ke dalamnya jika tak dibersihkan dengan tepat.

oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak berbagi botol dengan orang lain dan satu botol hanya digunakan untuk satu orang. Berbagi botol juga bakal sangat riskan ketika seseorang sedang sakit.

Tempat kamu meletakkan botol juga harus sangat diperhatikan. Lingkungan yang lembap bisa mendorong tumbuhnya bakteri terutama pada botol bening. Mikroba sangat suka tinggal di botol dan tempat yang memiliki temperatur hangat.

Risiko Minum dari Botol Terkontaminasi

Botol air yang terkontaminasi dapat menyebarkan masalah kesehatan yang bisa menular ke orang lain. Masalah kesehatan ini termasuk flu dan demam serta infeksi umum dan serius lainnya.

Walau begitu, tak berarti bahwa semua bakteri yang masuk ke tubuh ini bakal membuat kamu sakit. Paparan dari mikroba baru ini dapat meningkatkan risikomu menjadi sakit.

Seberapa Sering Kamu Harus Mencuci Botol?

Disarankan untuk setidaknya mencuci botol sekali setiap hari. Biasakan untuk mengosongkan botolmu setiap hari lalu mencucinya dengan air dan sabun. Pada esok harinya, isi dengan air yang baru dan jangan mencampur air baru dan lama.

Baca juga:
5 Cara untuk Meminimalisasi Paparan BPA dari Kertas Struk ATM
Selembar Kertas Struk Ternyata Simpan Bahaya Lebih Besar Dibanding Botol Plastik
Sejumlah Masalah yang Bisa Kamu Dapat dari Kebiasaan Makan Tergesa-Gesa
4 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Hati
Apa Hal Terburuk yang Bisa Terjadi dari Gigitan Manusia?
Sering Kumpul dengan Teman Dekat Bisa Buat Kamu Terhindar dari Datangnya Penyakit

(mdk/RWP)