Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Ketika Bepergian saat Tengah Hamil

Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Ketika Bepergian saat Tengah Hamil
SEHAT | 19 Januari 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berpergian ketika hamil bisa jadi merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari. Pada beberapa kasus, hal ini juga mungkin dilakukan dan diperbolehkan oleh dokter.

Ketika kehamilanmu berada dalam kondisi yang sehat, dokter bakal membolehkan kamu bepergian bahkan dalam usia kehamilan berapa pun. Walau begitu, waktu terbaik dan paling aman untuk bepergian adalah pada trimester kedua.

Pada trimester kedua, peluangmu mengalami mabuk perjalanan bakal cukup kecil serta kondisi perut juga tidak terlalu besar. Pada sebagian besar maskapai, penumpang dengan usia di atas 36 minggu tidak diperbolehkan.

Walau begitu, pada kondisi kehamilan tertentu, seperti hamil kembar, masalah hipersensitif, mual, kelahiran prematur, atau masalah lain, yeng terjadi bisa berbeda. Dilansir dari The Health Site, sejumlah kondisi ini memungkinkan bagi maskapai untuk menolak ibu tersebut terbang karena khawatir bisa menimbulkan dampak negatif.

Pada perjalanan lain seperti melalui jalur darat berupa mobil dan kereta atau melalui kapal, perlu berhati-hati juga ketika bepergian. Hal yang penting dilakukan adalah dengan membuat rencana perjalanan terlebih dahulu.

Baca Selanjutnya: Berikut sejumlah hal yang sebaiknya...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami