Sejumlah Hal yang Perlu Dihindari agar Tidak Mengalami Osteoporosis

Sejumlah Hal yang Perlu Dihindari agar Tidak Mengalami Osteoporosis
SEHAT | 28 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Untuk mencegah terjadinya masalah keropos tulang atau osteoporosis, terdapat hal yang penting diketahui. Salah satunya adalah dengan menabung massa tulang.

Dilansir dari Antara, para perempuan sebaiknya menabung massa tulang mereka melalui pembiasaan diri mengonsumsi makanan bergizi seimbang termasuk yang mengandung kalsium dan vitamin D, menurut Head of Medical Consumer Health Bayer Indonesia, dr Suci Sutinah. Khusus untuk kalsium, tubuh umumnya membutuhkan sekitar 600-1200 mg per hari terutama saat masa pertumbuhan dan jumlahnya bisa meningkat menjadi 1400 mg saat hamil.

Asupan ini bisa didapatkan melalui produk susu, sayuran seperti kale, bok choy, brokoli, kacang-kacangan, bayam, kubis, lalu tofu, singkong dan keju. Sementara vitamin D yang digunakan untuk membangun tulang dan penyerapan kalsium, bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari.

Suci mengatakan, pada mereka yang sudah mengalami menopause, kalsium bisa membantu mengurangi pengeroposan tulang. Sementara menurut studi yang dilakukan Chapuy dan rekan-rekan beberapa waktu lalu, vitamin D dapat membantu mencegah patah tulang pinggul pada lansia.

Baca Selanjutnya: Terapkan Gaya Hidup Tepat...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami