Sejumlah Hal yang Perlu Dilakukan Penderita Diabetes pada Masa Normal Baru

Sejumlah Hal yang Perlu Dilakukan Penderita Diabetes pada Masa Normal Baru
SEHAT | 12 Agustus 2020 08:20 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penyandang diabees melitus (DM) perlu melakukan sejumlah pencegahan agar tak terinfeksi COVID-19 pada masa adaptasi normal baru. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah memantau gula darah.

Ketua Umum PB Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof. Ketut Suastika mengatakan, penyandang diabetes juga perlu sering mencuci tangan, menjaga pola makan yang sehat dan teratur, mengonsumsi obat secara rutin baik oral maupun injeksi serta melakukan latihan fisik.

"Penting sekali penyandang diabetes untuk berdiskusi dengan dokternya agar dapat mengevaluasi pilihan pengobatan yang tepat selama masa pandemi bagi masing-masing individu, agar mencapai pengendalian gula darah yang baik dan imunitas tubuh tetap terjaga," terangnya beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Ketut juga menegaskan pentingnya perawatan diabetes yang lebih baik di masa adaptasi kebiasaan baru yakni terapi inovatif dan individual dibutuhkan oleh para penyandang. Ketut menyarankan tetap meneruskan obat baik itu oral maupun suntikan.

Baca Selanjutnya: Pada kondisi gejala COVID-19 sedang...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami