Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Melakukan Olahraga di Luar Ruangan

Sejumlah Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Melakukan Olahraga di Luar Ruangan
SEHAT | 28 Juli 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, menjaga tubuh tetap sehat dengan olahraga merupakan hal yang juga penting untuk dilakukan. Walau begitu, hindari untuk melakukan olahraga secara berkelompok terutama tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

"Yang jelas akan memudahkan untuk terinfeksi," kata dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto, dilansir dari Antara.

Triangto juga meluruskan anggapan bahwa memakai masker saat berolahraga dapat mengganggu kesehatan. Michael menjelaskan hal tersebut hanyalah mitos belaka karena penggunaan masker justru melindungi dari infeksi.

"Penggunaan masker akan bertindak sebagai barrier antara udara luar dan hidung maupun mulut yang akan menyaring udara sampai dengan 90 persen dan sama sekali tidak menghentikan aliran udara pernapasan," katanya.

Saat berolahraga dengan intensitas sedang dan ringan, kata Triangto, tidak akan mengganggu pernapasan. Pada kondisi itu tubuh tidak membutuhkan udara pernapasan dalam jumlah banyak. Bila masker digunakan secara teratur tubuh akan terbiasa dalam menggunakannya.

Baca Selanjutnya: Bersepeda Aman Dilakukan Jika...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami