Sejumlah Makanan Sehat yang Bisa Bantu Perlancar Siklus Menstruasi Kamu

Sejumlah Makanan Sehat yang Bisa Bantu Perlancar Siklus Menstruasi Kamu
ilustrasi menstruasi. ©collegecandy.com
SEHAT | 9 April 2019 10:54 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Siklus menstruasi merupakan salah satu hal yang dialami secara berbeda-beda oleh wanita, ada yang teratur namun ada juga yang tidak. Normalnya, periode menstruasi berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari.

Siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi ini adalah gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan.

Makanan yang dikonsumsi seseorang juga dapat menentukan siklus menstruasi yang dimilikinya ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan yang mampu membantu memperlancar siklus menstruasi.

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian kau.

2. Salmon

Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon sehingga bisa membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur.

3. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi penting untuk disertakan jika kamu ingin memiliki siklus menstruasi yang lancar. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

4. Ikan dan Minyak Ikan

Ikan kaya dengan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

5. Almond

Almond adalah jenis kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi, almond kaya dengan serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

6. Biji Wijen

Biji wijen dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

7. Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya dengan kalsium dan protein. Kamu dapat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

8. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik. Selain itu, minuman satu ini juga dapat membantu memperlancar siklus menstruasi yang kamu miliki.

9. Telur

Telur rebus memiliki kandungan protein, kalsium dan vitamin yang kaya. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Sembilan makanan ini selain mampu memperlancar siklus menstruasi juga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Konsumsi seluruh makanan tersebut secara rutin untuk mendapat manfaat luar biasanya. (mdk/RWP)

Baca juga:
3 Perubahan yang Dialami oleh Payudara Wanita ketika Menstruasi Tiba
4 Pola Makan yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Kamu Sedang PMS
Ini Penyebab Mengapa Nafsu Makan Cenderung Meningkat Ketika Sedang PMS
Deretan Cara yang Harus Kamu Lakukan Agar PMS Tidak Mengganggu
Rasa Sakit dari Menstruasi Bisa Separah Serangan Jantung
Selain Kehamilan, 5 Faktor ini Membuat Datang Bulan Jadi Terlambat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami