Sejumlah Masalah yang Bakal Menimpamu Ketika Terlalu Sering Menahan Kencing

SEHAT | 10 Oktober 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk menahan kencing yang seharusnya mereka lakukan. Hal ini bisa mereka lakukan karena sedang sibuk atau tidak menemukan toilet ketika berpergian.

Menahan kencing tidak dapat seketika menimbulkan dampak pada tubuhmu. Namun ketika kamu terus-terusan melakukan kebiasaan ini, maka bisa muncul masalah kesehatan yang lebih besar pada tubuhmu.

Menahan kencing terutama ketika sering dilakukan bisa menyebabkan terakumulasinya dampak buruk pada tubuhmu. Sejumlah hal ini bahkan bisa berdampak serius pada kesehatanmu.

Kandung kemih seseorang bisa menahan hingga setengah liter air kencing. Terdapat reseptor kecil di kandung kemih yang bakal mengirim sinyal ke otak ketika sudah penuh. Sinyal ini yang menandakan bahwa kamu harus segera buang air.

Untungnya sebelum tubuh benar-benar berada dalam kondisi bahaya, kamu bakal mengompol terlebih dahulu ketika telalu lama menahan kencing. Dilansir dari NY Post, berikut sejumlah dampak yang bakal kamu alami ketika terlalu sering menahan kencing.

1 dari 6 halaman

Kandung Kemih Bermasalah

Ketika kamu menahan kencing berkali-kali dan dalam waktu lama, kandung kemih bakal mengalami masalah. Untuk mengatasi hal ini kamu harus mengoperasinya. Beruntung hal ini sangat jarang terjadi karena biasanya kamu bakal mengompol terlebih dahulu.

2 dari 6 halaman

Infeksi Salurang Kencing

Infeksi saluran kencing bisa terjadi ketika saluran kencing terinfeksi oleh bakteri. Menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan bakteri menjadi berlipat.

Sejumlah hal lain yang bisa menyebabkan munculnya bakteri ini adalah ketika kamu kurang minum, tidak mencuci bagian vital usai bercinta, atau jarang buang air kecil. Ketika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

3 dari 6 halaman

Mengompol

Mengompol bisa kamu alami ketika tubuh kesulitan mengontrol keinginan buang air kecil. Ketika kamu batuk atau bersin, kamu bisa mengompol ketika kamu mangalami kondisi ini.

Hal ini terjadi karena dinding otot panggul yang melemah. Hal ini bisa terjadi ketika kamu terlalu sering menahan kencing. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu segera buang air kecil ketika kebelet.

4 dari 6 halaman

Batu Ginjal

Batu ginjal bisa kamu alami ketika kurang cairan atau kurang sering buang air kecil. Ketika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menangani dan mengatasinya.

5 dari 6 halaman

Kandung Kemih Meregang

Sama seperti masalah kandung kemih dan melemahnya otot panggul, kandung kemih juga bisa meregang jika kamu kurang buang air kecil. Hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk buang air kecil selanjutnya karena kandung kemih tidak kembali pada kondisi semula setelah buang air.

6 dari 6 halaman

Rasa Sakit

Rasa sakit secara umum pada tubuh bisa kamu alami ketika terlalu sering menahan kencing. Ketika kamu tidak buang air kecil dengan tepat, sekujur tubuh bisa mengalami sakit dan sulit bersantai.

Sejumlah masalah tersebut bisa kamu alami ketika terlalu sering menahan kencing. Mengingat bahaya yang bisa ditimbulkan, maka sebaiknya kamu segera kencing ketika merasa kebelet untuk mencegah masalah lebih lanjut. (mdk/RWP)

Baca juga:
6 Hal yang Bisa Memicu Kamu Jadi Sering Buang Air Kecil
Manfaat yang Bisa Didapat Pria dari Buang Air Kecil dalam Posisi Duduk
Berapa Kali Sih Normalnya Kamu Kencing Dalam Sehari?
4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing
Ini Bahayanya Menahan Kencing Bagi Wanita
8 Penyebab Munculnya Busa pada Air Seni Kamu