Sejumlah Penyakit yang Mengintai dari dalam Kolam Renang

SEHAT | 1 Oktober 2019 05:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berenang merupakan suatu aktivitas yang bisa menyehatkan tubuh. Hal ini bakal semakin menyenangkan dilakukan ketika hari sedang panas-panasnya.

Berenang sesungguhnya memiliki manfaat luar biasa dalam membakar kalori, menguatkan otot, dan membuat jantung bekerja secara tepat. Namun, terdapat bahaya juga yang bisa mengintaimu.

Masalah paling besar dari berenang ini adalah pada tempat di mana kamu berenang. Ketika berada di kolam renang, sering kali terjadi sejumlah paparan dari berbagai hal yang tak kamu ketahui di dalam kolam.

Pastikan kolam renang yang kamu masuki terjaga kebersihannya agar terhindar dari sejumlah masalah kesehatan. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa kamu peroleh di kolam renang.

1 dari 4 halaman

Ruam Kulit

Kolam renang air hangat merupakan sarana yang bagus untuk melepas stres. Namun pada air kolam yang dipanasi terus-menerus atau pada sumber air panas alami, mungkin terjadi ruam pada kulit.

Bakteri bisa lebih aktif ketika terpapar air dengan temperatur panas. Pada kolam yang kurang bersih, hal ini bisa lebih berbahaya dan menimbulkan masalah pada kulit.

2 dari 4 halaman

Air Masuk ke Telinga

Masalah yang umum dialami saat berenang adalah masuknya air ke telinga dan hidung. Walau masalah ini hanya terjadi secara sementara dan bisa hilang dengan sendiri, terdapat kemungkinan masuknya bakteri dan tumbuhnya jamur pada bagian tersebut.

Infeksi bakteri ini bisa menyebabkan kamu mengalami rasa gatal, sakit, dan tak nyaman saat menelan. Oleh karena itu disarankan untuk langsung membersihkan hidung dan telinga usai kamu berenang.

3 dari 4 halaman

Diare

Diare tidak hanya terjadi karena makanan saja namun juga bisa melalui air kolam renang. Bakteri penyebab diare bisa mencemari kolam renang dan membahayakan kesehatanmu.

Masuknya bakteri ini bisa melalui air kolam yang secara tak sengaja kamu telan. Oleh karena itu, penting untuk memilih kolam renang yang dikuras secara rutin agar terhindar dari masalah ini.

4 dari 4 halaman

Masalah Pernapasan

Bagi seseorang yang memiliki masalah pernapasan bawaan, kebersihan kolam renang merupakan hal yang harus mereka perhatikan. Kolam yang kotor bisa membuat masalah ini kambuh kembali.

Hal ini terutama harus diwaspadai oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun, anak-anak, dan ibu hamil. Masuknya bakteri bisa membuat masalah ini kambuh dan semakin parah.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa kamu alami dan membahayakan kesehatanmu. Pastikan untuk berenang di kolam yang bersih agar setidaknya terhindar dari berbagai masalah kesehatan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Mata Jadi Merah Karena Berenang? Ini Penyebab Utamanya
4 Manfaat Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Berenang
Benarkah Konsumsi Susu Bisa Efektif Redakan dan Cegah Heartburn?
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Konsumsi Minyak Sayur
Asap Rokok Elektrik Ternyata Juga Timbulkan Bahaya Bagi Kesuburan Wanita

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.