Sejumlah Pola Makan yang Bisa Diterapkan untuk Mencegah Masalah Usai Operasi

Sejumlah Pola Makan yang Bisa Diterapkan untuk Mencegah Masalah Usai Operasi
ilustrasi operasi. ©www.gcmradiology.com
SEHAT | 26 Januari 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Setelah menjalani operasi, seseorang bakal membutuhkan cara yang tepat untuk membantu pemulihan. Hal ini termasuk istirahat yang cukup serta pola makan dengan nutrisi seimbang.

Makanan yang dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan ini harus seimbang setara protein, vitamin, dan mineral. Pemulihan seseorang ini sangat tergantung dari pola dan kebiasaan makan yang disertai dengan konsumsi obat.

Usai operasi, peningkatan konsumsi kalori sangat dibutuhkan oleh seseorang. Manajemen nutrisi sangat dibutuhkan pada tahap sebelum dan setelah operasi.

Setelah operasi, terdapat sejumlah keluhan yang biasa dilakukan seperti konstipasi, kelelahan, mual, dan muntah. Pada sejumlah orang, usai operasi mereka bakal mengalami menurunnya nafsu makan.

Untuk mencegah masalah lebih lanjut, pengaturan mengenai pola makan sangat penting dilakukan. Dilansir dari Indian Express, berkut sejumlah pola makan yang bisa kamu terapkan setelah operasi untuk mencegah timbulnya masalah.

2 dari 2 halaman

1. Perhatikan pola dan jenis makanan yang kamu konsumsi. Hindari bertambahnya berat badan yang tidak diinginkan karena rendahnya aktivitas fisik.

2. Hindari junk food, makanan rendah nutrisi, serta jangan melakukan diet.

3. Hindari Rokok dan alkohol.

4. Konsumsi makanan yang beragam dan seimbang untuk membenahi beragam jaringan, mempercepat pemulihan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk hemoglobin, menyembuhkan luka, menyerap kalsium, melawan infeksi, serta mencegah penyumbatan darah.

5. Konsumsi karbohidrat secara cukup bisa memberi tenaga pada tubuh dan mencegah kelelahan yang rentan terjadi setelah operasi.

6. Konsumsi protein untuk membantu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak serta menumbuhkannya kembali. Protein juga membantu membentuk antibodi untuk melawan infeksi setelah operasi.

Sejumlah pola makan tersebut bisa kamu terapkan untuk mencegah masalah setelah operasi. Beragam cara tersebut juga membantu tubuh memulihkan diri dengan lebih cepat.

Baca juga:
4 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Alami ketika Tidak Ganti Baju Setiap Hari
6 Cara Alami Mencegah Munculnya Kumis Tipis pada Wajah Wanita
6 Cara Membakar Kalori Lebih Banyak Tanpa Olahraga, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah
5 Cara Seimbangkan Kondisi Lidah Agar Tetap Sehat di Usia 40-an
4 Tanda yang Bisa Muncul ketika Kamu Memerlukan Behel pada Gigi
4 Alasan Mengapa Kamu Harus Langsung Ganti Baju saat Masuk Rumah


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami