Selain jus cranberry, ini ramuan alami lainnya untuk sembuhkan ISK

SEHAT | 3 Oktober 2017 17:16 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Ketika kamu terbangun di pagi ini dan buang air kecil, kamu merasakan rasa sakit seperti panas terbakar di alat kelamin. Well, bisa jadi kamu mengalami ISK atau infeksi saluran kemih. Adanya kuman dan bakteri di saluran kemihmu inilah yang jadi sebab kamu mengalami peradangan, munculnya rasa nyeri, dan sensasi terbakar.

Beberapa gejala umum dari ISK adalah rasa sakit di alat kelamin, nyeri saat kencing, nyeri saat berhubungan seksual, urin berbau tidak enak, sering buang air kecil, hingga iritasi di vagina.

Biasanya untuk mengobati ISK secara alami, kamu disarankan untuk minum jus cranberry yang tinggi antioksidan demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan bakteri penyebab ISK.

Nah, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, ada cara alami lain untuk menyembuhkan ISK yaitu dengan mengonsumsi campuran yogurt dengan cacahan bawang putih.

"Yogurt adalah bahan probiotik alami yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi bakteri sehat di usus serta alat kelamin. Bakteri sehat ini bisa melawan bakteri buruk penyebab ISK. Sedangkan bawang putih yang hadir dengan sifat antibakteri juga bisa membunuh bakteri jahat penyebab ISK. Kemudian sifat anti inflamasi dari bawang putih bisa meringankan rasa sakit dan gatal karena ISK."

Selain dengan cara alami tersebut, kamu juga bisa mengurangi risiko untuk terkena ISK dengan mengonsumsi makanan sehat seimbang, mengurangi alkohol, buang air sebelum dan sesudah berhubungan seks, serta menjaga kebersihan alat kelamin.

4 Penyakit yang muncul akibat sering menahan kencing

Bahaya sulit BAB, infeksi saluran kemih hingga anus robek!

6 Cara alami mengobati infeksi saluran kemih

(mdk/feb)