Selain Menstruasi, 4 Hal ini Bisa Membuatmu Ingin Makan Terus-Menerus

SEHAT | 22 September 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Keinginan untuk makan terus-menerus atau kecanduan makanan merupakan hal yang bisa kita alami. Keinginan untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu juga biasanya kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Keinginan seperti ini bisa muncul ketika kamu tengah menstruasi. Namun pada beberapa kasus, kecanduan makanan ini bisa muncul karena sebab-sebab tertentu yang kamu alami.

Ketika kamu makan terus-menerus seperti ini, maka tanpa kamu sadari bisa terjadi sejumlah perubahan pada tubuh. Hal yang paling disadari adalah kondisi perut yang bisa semakin membesar.

Kecanduan makan yang kamu alami ini tentu dalam batas waktu tertentu bisa mengganggu dan perlu diketahui penyebabnya. Dilansir dari medical Daily, berikut sejumlah hal yang sebabkan munculnya keinginan untuk terus-menerus.

1 dari 4 halaman

Kurang Nutrisi

Ketika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan rendah nutrisi seperti makan cepat saji, hal ini dapat terjadi. Rendahnya nutrisi dari makanan ini menyebabkan kamu lebih lapar dan ingin makan terus-menerus.

Berbeda dari makanan rendah nutrisi, makanan kaya nutrisi bisa membuat kamu kenyang dan memenuhi kebutuhan tubuh. Mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi bisa membuatmu merasa ingin makan terus-menerus.

2 dari 4 halaman

Produksi Hormon

Walau penelitian lebih lanjut masih diburuhkan, namun hormon diketahui berperan pada keinginan untuk makan terus-menerus. Berdasar sebuah percobaan pada tahun 2015, kekurangan hormon tertentu bisa menyebabkan kamu makan berlebihan terutama pada makanan berlemak.

Mengonsumsi makanan olahan membuat munculnya timbunan lemak tak sehat yang menyumbat hormon. Tubuh menjadi butuh makanan dengan kandungan lemak tertentu sehingga muncul keinginan untuk makan terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Stres

Kortisol merupakan hormon stres di dalam tubuh yang bisa menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Ketika hormon ini dilepaskan oleh tubuh, maka kamu jadi ingin mengonsumsi makanan berlemak, manis, dan asin.

Ketika kamu sedang stres, kamu bakal menginginkan sejumlah makanan ini untuk memenuhi kebutuhan energi. Walau begitu, hindari makanan berlemak dan olahan karena malah membuat masalah makan yang kamu alami tak kunjung usai.

4 dari 4 halaman

Perasaan Negatif

Keinginan makan terus-menerus bisa jadi tanda kamu membutuhkan rasa positif dan cinta. Makan terus menerus bisa jadi merupakan tanda adanya upaya pelarian yang kamu lakukan.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi merupakan penyebab kamu ingin makan terus-menerus. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi agar masalah ini tidak berlarut-larut tak kunjung usai. (mdk/RWP)

Baca juga:
Apakah Aman Bagi Anak-Anak untuk Mengonsumsi Kopi?
Kemiskinan Jadi Salah Satu Faktor yang Bisa Mempercepat Penuaan
Peminum Teh Ternyata Memiliki Kesehatan Otak yang Lebih Baik
Kenapa Bayi yang Baru Lahir Tidak Mengeluarkan Air Mata Ketika Menangis?
Memadukan Diet dan Olahraga Bisa Timbulkan Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tulang

TOPIK TERKAIT