Semakin Cepat Berjalan Bisa Buat Semakin Panjang Usia Seseorang

SEHAT | 24 Mei 2019 08:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kecepatan langkah seseorang ketika berjalan biasanya muncul karena perbedaan kepribadian yang mungkin mereka miliki. Namun siapa sangka bahwa ternyata kecepatan langkah kaki ini juga dapat menentukan usia seseorang.

Dilansir dari Mayo Clinic, sebuah penelitian menyebut bahwa orang yang berjalan lebih cepat memiliki usia lebih panjang dibanding mereka yang berjalan lambat. Hasil temuan ini tentu menarik karena menemukan hubungan antara kecepatan berjalan dengan usia.

Penelitian ini menemukan bahwa pejalan cepat berjalan dengan kecepatan sekitar 4,8 kilometer per jam yang setara dengan 100 langkah per menit. Sedangkan pejalan lambat berjalan antara 1,6 hingga 3,2 kilometer per jam dan hanya setara dengan 50 langkah per menit.

Hasil penelitian mempelajari pergerakan lebih dari 400 ribu orang dan menemukan bahwa pejalan cepat memiliki usia perkiraan hidup lebih panjang. Menariknya, hasil temuan ini sama sekali tak berhubungan dengan berat badan.

"Hasil temuan ini menyatakan bahwa kemungkinan kebugaran fisik merupakan indikator yang lebih baik terhadap usia harapan hidup dibanding indeks massa tubuh," jelas peneliti Tom Yates dari University of Leicester.

"Mendorong masyarakat untuk berjalan lebih cepat mungkin menambah usia kehidupan mereka," sambungnya.

Data penelitian ini didapat dari orang di Inggris Raya dengan usia rata-rata 52 antara 2006 hingga 2016.

Wanita yang berjalan lebih cepat memiliki usia harapan hidup antara 86,7 hingga 87,8 tahun. Sedangkan pada pria yang berjalan cepat, usia harapan hidup adalah 85,3 hingga 86,8 tahun. Pada pejalan lambat, wanita memiliki usia harapan hidup sekitar 72,4 tahun sedangkan pria hanya 64,8 tahun.

Hanya saja penelitian ini hanya berupa hubungan dan tidak melihat faktor sebab-akibat. Hal ini berarti belum ada kepastian bahwa berjalan lebih cepat bisa memperpanjang usia. Namun hal ini dapat menjadi cara bagi dokter dalam mengukur kesehatan seseorang.

Baca juga:
Punya Rumah Dekat Jalan besar Bisa Bahayakan Perkembangan Anak
Selain Masalah Kesehatan, Ini 3 Efek Buruk yang Dapat Dialami Ketika Kamu Kepanasan
Mencium Wangi-Wangian yang Sedap Bisa Digunakan untuk Membantu Berhenti Merokok
Bahan Kimia yang Terkandung di Tabir Surya Ternyata Bisa Masuk Hingga Aliran Darah
5 Teori Konspirasi Yang Terbukti Benar Adanya
Terlalu Sering Makan Sendirian Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Pada Seseorang
Tinggal Sendiri Bisa Buat Seseorang Lebih Rentan Alami Masalah Kesehatan Mental

(mdk/RWP)