Sering Berkumur Bisa Menjadi Cara Pencegahan Penularan COVID-19 pada Diri

Sering Berkumur Bisa Menjadi Cara Pencegahan Penularan COVID-19 pada Diri
SEHAT | 21 Oktober 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berbagai upaya pencegahan penting kita lakukan untuk mengurangi risiko tertular COVID-19. Selama ini, cara yang biasa kita lakukan adalah memakai masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa berkumur juga bisa menjadi cara untuk mencegah penularan COVID-19 ini. Dilansir dari Medical Xpress, hal ini bisa diperoleh dengan menggunakan obat kumur antiseptik atau mouthwash.

Berdasar penelitian di Penn State College of Medicine, beragam obat kumur tersebut diketahui bisa membuat virus korona di tubuh seseorang tidak aktif. Penggunaan obat kumur ini dianggap mampu mengurangi jumlah virus yang masuk dan bisa mencegah risiko penyebarannya.

Penelitian ini dilakukan oleh professor Craig Meyer dengan tim yang dipimpinnya. Berdasar percobaan yang dilakukannya, diketahui bahwa sejumlah obat kumur memiliki kemampuan luar biasa dalam menetralkan virus korona dalam tubuh manusia. Hal ini dianggap potensial untuk menurunkan jumlah virus serupa COVID-19 yang menyebar di tubuh manusia.

"Selagi kita menunggu vaksin dikembangkan, metode untuk mengurangi transmisi sangat dibutuhkan," terang Meyers.

"Produk yang kami tes telah tersedia pada saat ini dan biasanya menjadi bagian rutin dalam kehidupan sehari-hari seseorang," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Bisa Jadi Cara Mencegah Persebaran...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami