Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Antara Sunblock dan Sunscreen

Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Antara Sunblock dan Sunscreen
Ilustrasi sunblock. Shutterstock/nito
SEHAT | 24 Januari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi banyak orang, sunblock dan sunscreen sering dianggap sebagai sebuah hal yang sama. Bahkan keduanya dianggap sebagai sinonim dan sering disebutkan secara bergantian untuk mengacu pada hal yang sama.

Tak banyak orang yang menyadari bahwa keduanya sebenarnya sungguh sangat berbeda. Oleh karena itu, kesalahan penggunaan perlu dihindari dari kedua hal ini.

Dilansir dari Verywell Health, sunscreen dan sunblock walaupun memiliki fungsi yang mirip namun sesungguhnya ada perbedaan dalam bentuk perlindungan pada kulit. Untuk membedakannya, yang pertama harus kita ketahui dulu fungsi dari masing-masing losion ini.

Sunscreen

Losion ini biasanya lebih banyak digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Losion ini menyaring sinar ultaviolet (UV) dari matahari. Sunscreen menangkal sebagian besar sinar matahari namun tetap membiarkan beberapa sinar masuk. Proses ini membuat sunscreen cenderung lebih bersifat kimiawi.

Sunblock

Pada sisi lain, sunblock berhuna untuk memantulkan cahaya matahari dari kulit dan menangkal masuknya sinar matahari ke dalam kulit. Sunblock bisa juga disebut sebagai sunscreen yang lebih fisikal.

Baca Selanjutnya: Perbedaan Sunblock dan Sunscreen...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami