Sering Dianggap Sama Ketahui Perbedaan GERD dengan Radang Usus Kronis

Sering Dianggap Sama Ketahui Perbedaan GERD dengan Radang Usus Kronis
Ilustrasi sakit perut. Shutterstock/9nong
SEHAT | 27 Januari 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masalah perut, usus, dan lambung merupakan mimpi buruk yang dialami banyak orang. Hanya saja, banyak orang tidak mengetahui bahwa terdapat berbagai macam jenis masalah ini.

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengenal tentang penyakit Imflammatory Bowel Disease (IBD) atau radang usus kronis. Tak sedikit orang yang menganggapnya sebagai diare, tifus ataupun GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Dilansir dari Antara, Prof. dr. Marcellus Simadibrata, Ph.D, Sp.PD, KGEH, FACG, FASGE, Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RSCM-FKUI mengatakan IBD berbeda dengan tiga penyakit di atas. Terlebih GERD, meski ada beberapa IBD yang menyerang lambung.

Prof. Marcellus menyebutkan IDB adalah penyakit yang lebih banyak menyerang usus sehingga keluhannya lebih banyak pada usus seperti diare atau nyeri pada bagian abdomen bawah.

"Kalau GERD penyakit saluran cerna bagian atas, jadi lebih banyak keluhannya nyeri, mual, kembung, muntah, kalau GERD asam lambungnya naik," ujar Prof. Marcellus beberapa waktu lalu.

"Kalau IBD lebih banyak di saluran cerna bagian bawah walaupun IBD bisa timbul pada lambung juga tapi lebih banyak saluran cerna bagian bawah," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Penyebab IBD...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami