Sering Disalahpahami, 7 Makanan Ini Sesungguhnya Memiliki Kandungan Tinggi Gula

Sering Disalahpahami, 7 Makanan Ini Sesungguhnya Memiliki Kandungan Tinggi Gula
SEHAT | 1 Juni 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Membaca kandungan nutrisi yang ada di kemasan makanan merupakan hal yang penting sebelum membeli dan menyantapnya. Hal ini penting dilakukan karena kandungan yang mungkin dikandung dari makanan yang kamu konsumsi.

Salah satu kandungan yang mungkin bisa masuk ke tubuhmu tanpa kamu sadari adalah gula. Sejumlah makanan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan sering tidak kamu sadari.

Sejumlah makanan yang sering dianggap bernutrisi dan sehat ternyata memiliki kandungan tinggi gula di dalamnya. Konsumsi gula secara berlebihan ini bisa berbahaya bagi kesehatan terutama pada sejumlah orang.

Untuk mencegah masalah kesehatan lebih lanjut yang mungkin kamu alami, perlu diketahui sejumlah makanan dengan kadar gula tinggi yang kamu konsumsi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang tanpa kamu sadari memiliki kadar tinggi gula di dalamnya.

1 dari 7 halaman

Yogurt

Yogurt sering dianggap sebagai makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Pada makanan ini, terdapat 15 gram gula di dalamnya. Walau begitu, terdapat sejumlah yogurt yang memiliki kandungan bebas gula, kalori, serta lemak. Walau begitu, sebagian besar yogurt miliki kadar gula setara setengah kebutuhan harianmu.

2 dari 7 halaman

Saus

Kecap, saus barbeque, dressing salad, serta saus manis, topping dan makanan lain memiliki kandungan gula sangat tinggi. Oleh karena itu, konsumsi dari berbagai hal ini sebaiknya kamu hindari terutama ketika berlebihan.

3 dari 7 halaman

Minuman Olahraga

Minuman olahraga secara umum memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi. Hal ini terutama bisa sangat berdampak ketika kamu mengonsumsinya tanpa berolahraga karena gula dan kalori tersebut bakal menumpuk pada tubuh.

4 dari 7 halaman

Jus

Jus merupakan minuman yang sering dianggap sehat dan cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Sayangnya sebagian besar jus memiliki kandungan gula yang tinggi dan bahkan kehilangan serat karena proses yang terjadi.

5 dari 7 halaman

Susu Alternatif

Banyak orang yang intoleran laktosa mengonsumsi pengganti susu sapi untuk mendapat manfaat sehatnya. Sayangnya sejumlah minuman ini memiliki kandungan gula tinggi yang bisa berdampak pada kesehatanmu.

6 dari 7 halaman

Selai Kacang

Selai kacang merupakan pilihan lemak sehat yang baik dan sangat lezat. Sayangnya, pada beberapa jenis selai, kandungan gula di dalamnya cukup tinggi sehingga berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membatasi konsumsinya.

7 dari 7 halaman

Sup Kalengan

Sup kalengan merupakan pilihan makanan bernutrisi dengan kandungan sayur dan protein di dalamnya. Sayangnya, sejumlah sup kalengan ini memiliki tambahan gula di dalamnya dan bisa membuat asupan gula di tubuhmu cukup tinggi.

Sejumlah makanan sehat di atas memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dari yang kamu bayangkan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih walau memiliki manfaat sehat bagi tubuh. (mdk/RWP)

Baca juga:
Tinggi Kalori, Batasi Jumlah Konsumsi Kue Kering Lebaran
Deretan Cara Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Nyeri Akibat Asam Urat
Kenali Sejumlah Dampak Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kulit Ikan
Kenali Kandungan Tinggi Kalori dari Kue Lebaran, Jangan Konsumsi Berlebihan!
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Belimbing Wuluh

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5