Sering Mengonsumsi Makanan Mentah Dapat Membahayakan Tubuh, Simak Penjelasannya

Sering Mengonsumsi Makanan Mentah Dapat Membahayakan Tubuh, Simak Penjelasannya
ilustrasi makanan mentah. pexels
SEHAT | 22 Mei 2022 08:00 Reporter : Magang

Merdeka.com - Banyak jenis makanan di dunia ini dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Dengan cara direbus, dibakar, digoreng, dipanggang atau bahkan dimakan secara mentah untuk mendapatkan kesegaran dan manfaat dari bahan makanan itu secara langsung tanpa harus melalui proses pemasakan terlebih dahulu. Hal ini merupakan hal yang lumrah dalam dunia kuliner.

Banyak restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan mentah sebagai menu utama mereka. Tidak hanya ikan atau seafood yang biasanya ada di sushi saja, tetapi daging, telur bahkan sayur-sayuran dapat menjadi bahan utama dari makanan yang akan disajikan.

Di restoran berbintang, mereka menyediakan pilihan tingkat kematangan pada pelanggannya khususnya dalam memasak daging. Biasanya yang paling diminati adalah daging yang dimasak dengan tingkat medium rare. Tidak matang sepenuhnya, tetapi juga tidak mentah.

Beberapa bahan makanan memang dapat kehilangan nutrisi dan vitamin jika melalui proses pemasakan. Namun apakah dengan makan makanan mentah dapat terhindar dari resiko yang membahayakan tubuh? Dilansir dari On Health, berikut ini adalah bahaya makan makanan mentah berdasarkan jenis makanannya:

2 dari 4 halaman

Ikan dan Telur

1. Sushi

ilustrasi sushi
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Sushi merupakan makanan khas Jepang, dibuat dari ikan tanpa lemak, potongan sayur, alpukat yang digulung dengan nasi dan balutan rumput laut. Dengan bahan dasar tersebut, banyak nutrisi dan vitamin yang akan didapatkan seperti omega-3.

Tapi sushi dapat mengandung bakteri dan parasit seperti anisakiasis yang terdapat pada ikan laut dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, muntah, dan diare. Anak kecil, ibu hamil dan orang dengan gangguan imun sebaiknya menghindari makan ikan mentah.

2. Telur Mentah

ilustrasi telur ayam
©Shutterstock

Meskipun telur merupakan sumber protein yang tinggi, tetapi telur yang masih mentah dapat mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Jika ingin mengonsumsi telur, pastikan bahwa telur telah matang merata dari putih telur hingga bagian kuning telur. Jika ingin menggunakan telur mentah sebagai bahan makanan, sebaiknya gunakan telur berkualitas yang telah dipasteurisasi yaitu untuk mengurangi resiko penyakit bawaan makanan yang tidak dimasak atau hanya dimasak sebentar.

3 dari 4 halaman

Daging, Tiram dan Kentang

3. Daging

ilustrasi daging sapi
eatthis.com

Dilansir dari Healthline, resiko saat makan daging mentah terbesar adalah keracunan makanan akibat penyakit bawaan yang terdapat pada bahan makanan tersebut. Parasit yang biasanya ada pada daging adalah salmonella, clostridium, E.coli, Listeria monocytogenes dan campylobacter. Biasanya kontaminasi bakteri ini terjadi pada saat proses penyembelihan, usus hewan tidak sengaja ikut robek dan menyebarkan bakteri tersebar yang berbahaya untuk daging. Gejala penyakit yang ditimbulkan yaitu muntah, mual, diare, sakit perut, demam, dan sakit kepala. Gejala akan muncul setelah 24 jam dan akan berlangsung kurang lebih 7 hari atau lebih lama pada kasus tertentu.

4. Tiram

004 siti rutmawati
www.cornerstopeatery.com

Bahan makanan dari laut yang kedua adalah tiram. Tiram dapat berbahaya karena mereka membawa bakteri dari air dimana mereka tinggal. Jika tidak dimasak dengan baik, tiram dapat menyebabkan infeksi vibriosis yang membuat tubuh menjadi sangat sakit. Tiram juga dapat menyebarkan virus hepatitis.A yang menyebabkan penyakit hati.

5. Kentang

ilustrasi kentang
©Pixabay

Pernah menemukan bagian warna hijau pada kentang? Bagian itu mengandung racun yang bernama solanina dan dapat menyebabkan pusing, diare, demam dan muntah jika termakan. Sebelum memasak kentang, potong bagian hijau tersebut dan masak kentang hingga merata.

4 dari 4 halaman

Adonan Tepung dan Jamur Liar

6. Adonan Tepung

001 febrianti diah kusumaningrum
www.anneahira.com

Saat membuat kue, secara tidak sadar Anda mungkin mencoba mencicipi adonan kue tersebut. Namun makanan apapun yang mengandung tepung mentah dapat membuat mual karena terdapat bakteri E.coli di dalamnya. Jauhkan anak-anak dari tepung maupun adonan kue untuk menghindari resiko tersebut.

7. Jamur Liar

tiram
©2015 Merdeka.com/Flickr/ dagoose1

Beberapa jamur liar dapat mengandung racun seperti agaritine dan amatoxin yang dapat merusak hati dan menyebabkan kerusakan serius lainnya. Bahkan jenis jamur lain yang tidak mengandung kedua racun ini dapat menyebabkan diare, mual, muntah dan sakit perut jika tidak dibersihkan dengan baik.

Meskipun beberapa bahan makanan di atas enak jika dikonsumsi saat mentah, namun jika mengonsumsinya secara berlebihan dan terus-menerus akan menimbulkan dampak bagi tubuh. Khususnya bagi mereka yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan mentah. 

Reporter: Eleonora Gifthalia Christi Adena (mdk/mgd)

Baca juga:
5 Hal Ini Dapat Membuat Berat Badan Naik Dan Memicu Obesitas
7 Cara Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Makan Lebih Sedikit
Pentingnya Peran Keluarga dalam Pencegahan Munculnya Perokok Usia Dini
Kenali Eksim Basah, Lengkap dengan Pengobatannya
Mengapa Perjalanan di Mobil Bisa Membuat Kita Merasa Lelah?

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami