Sering Tak Disadari, Deretan Manfaat Kesehatan Ini Bisa Diperoleh dari Menguap

Sering Tak Disadari, Deretan Manfaat Kesehatan Ini Bisa Diperoleh dari Menguap
SEHAT | 29 Mei 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Sebelum munculnya rasa kantuk, menguap merupakan hal yang biasa dilakukan seseorang. Kondisi ini terjadi juga ketika kamu bosan dan lesu.

Menariknya, menguap ini juga bisa menular kepada orang lain. Ketika kamu menguap, maka orang di sekitarmu yang melihatnya juga bisa ikut menguap.

Ketika seseorang menguap, maka tanpa disadari terdapat sejumlah manfaat pada tubuh. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang tanpa kamu sadari bisa diperoleh dari menguap.

1 dari 3 halaman

Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

darah ke otak

Penelitian mengungkap bahwa menguap dapat mendinginkan otak sehingga meningkatkan gairah serta efisiensi mental. Tak hanya itu, menguap juga bertindak sebagai stimulan sistem saraf. Hal ini menyebabkan menguap memiliki efek serupa kafein dalam meningkatkan aliran darah ke otak.

2 dari 3 halaman

Menghilangkan Rasa Tak Nyaman dari Telinga

Menguap bisa membantu menghilangkan rasa tak nyaman yang terjadi di telinga. Ketika telingamu terasa tertutup karena perubahan ketinggian akibat pesawat atau lift, maka kamu bisa mengurangi rasa tak nyaman ini dengan menguap.

Menguap adalah refleks pertahanan telinga selama perubahan ketinggian yang cepat atau kondisi lainnya. Pasalnya, menguap membantu menyamakan tekanan udara di telinga.

3 dari 3 halaman

Meningkatkan Sirkulasi Oksigen dalam Otak

oksigen dalam otak

Ketika kamu menguap, ada lebih banyak oksigen yang tersedot ke dalam tubuh. Setiap kali kamu menguap, oksigen akan lebih banyak masuk ke dalam paru-paru sekaligus membantu menyingkirkan karbondioksida. Banyaknya oksigen dalam tubuh tentu saja berkontribusi pada baiknya sirkulasi oksigen dalam otak.

Sejumlah manfaat luar biasa tersebut ternyata dapat dialami ketika kamu menguap. Oleh karena itu, tak perlu malu atau gusar ketika kamu banyak menguap setia hari. (mdk/RWP)

Baca juga:
Amankah Memanasi Opor Hingga Berkali-Kali di Momen Lebaran?
Depresi pada Orangtua Bisa Buat Anak Kehilangan Rasa Empati pada Orang Lain
Kenali Jenis Lapar yang Kamu Alami untuk Mengetahu Dampak pada Perasaan
5 Makanan yang Bisa Bermanfaat Melancarkan Pencernaan yang Bermasalah
5 Cara Mudah dan Sederhana untuk Menjaga Pola Makan Sehat yang Kamu Miliki
6 Cara Mencegah Kolesterol Melonjak Drastis pada saat Lebaran

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5