Suka Menonton Film Bencana Bisa Membuat Seseorang Lebih Kuat Menghadapi Pandemi

Suka Menonton Film Bencana Bisa Membuat Seseorang Lebih Kuat Menghadapi Pandemi
SEHAT | 9 Juli 2020 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada kondisi serba tak menentu akibat pandemi COVID-19 seperti ini, tinggal di rumah saja membuat seseorang jadi memiliki banyak waktu untuk dirinya sendiri. Adanya waktu senggang ini bisa dimanfaatkan seseorang untuk melakukan hal yang disukai seperti menonton film di rumah.

Menurut penelitian, di antara berbagai jenis film, terdapat jenis yang bisa berdampak baik bagi mental ketika ditonton pada saat ini. Dilansir dari Medical Daily, film bencana atau tentang kiamat bisa membuat seseorang mengatasi kondisi pandemi COVID-19 ini dengan lebih baik.

Berdasar penelitian terbaru, penonton film ini bisa mendapat manfaat mental dan praktis dari menontonnya di masa pandemi ini. Tidak hanya pada film, manfaat ini juga bisa diperoleh dari membaca buku dengan jenis sama.

Film dan buku in bisa membantu seseorang mengatasi situasi di dunia nyata melalui karya fiksi. Secara imajiner, tontonan dan bacaan ini bisa memandu tindakan seseorang pada situasi berbahaya.

"Jika film ini bagus, maka film ini bisa menarikmu dan mengambil sudut pandang dari karakternya bahkan tanpa sengaja kamu bakal mengikuti naskahnya," terang Coltan Scrivner, psikolog dari University of Chicago.

"Kami pikir seseorang belajar tanpa sengaja," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Hasil temuan ini diperoleh dari...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami