Tak hanya bakteri, infeksi saluran kemih juga disebabkan karena hal ini

SEHAT | 23 Desember 2017 12:42 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Selama ini yang kamu ketahui bahwa penyebab dari infeksi saluran kemih atau ISK adalah bakteri yang masuk ke saluran kemih. Nah, menurut artikel lansiran dari boldsky.com, ISK juga bisa terjadi karena beberapa faktor berikut ini.

Sembelit
Saat seseorang mengalami sembelit, maka mereka tidak bisa buang air besar dengan mudahnya. Akan ada banyak regangan otot untuk memaksa kotoran keluar. Bila terlalu banyak regangan yang terjadi, akan muncul infeksi dan peradangan yang menyebabkan ISK.

Diabetes
Diabetes adalah kelainan metabolik dimana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, sehingga kadar gula darah jadi meningkat. Tingginya kadar glukosa ini membuatnya mungkin tidak tersaring dengan baik dan tersangkut di ginjal, sehingga menyebabkan ISK.

Dehidrasi
Jika kamu mengalami dehidrasi karena suatu alasan medis, kamu jadi tidak bisa cukup buang air kecil. Bakteri dan racun akan terjebak dalam ginjal dan menyebabkan ISK.

Penggunaan pil KB
Penggunaan pil KB bisa menimbulkan perubahan hormonal tertentu dalam tubuh yang terkait dengan ISK.

Batu ginjal
Salah satu tanda berbahaya dari ISK adalah batu ginjal. Adanya batu di dalam ginjal mampu menyebabkan peradangan di saluran kemih.

Pemakaian produk pembersih kewanitaan
Banyak wanita yang menggunakan produk pembersih kewanitaan yang mengklaim bisa membuat area intim jadi segar. Namun, bahan kimia yang ada di dalam produk ini mampu merangsang pertumbuhan bakteri di saluran kemih dan kemudian menyebabkan ISK.

Baca juga:
Sering buang air kecil pertanda tubuh tidak sehat?
Wajib tahu! 7 Alasan munculnya buih di urinemu
7 Makanan ini wajib dihindari bagi mereka yang sering kencing
8 Alasan kenapa kamu merasa selalu ingin pipis

(mdk/feb)