Tambahan Bahan yang Ada di Dalam Permen Karet Miliki Efek yang Bisa Timbulkan Kanker

SEHAT | 22 Mei 2019 18:08 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mengonsumsi permen karet kadang bisa menjadi cara yang cepat dan mudah untuk membuat napas kembali segar. Namun terdapat kandungan dalam makanan tersebut yang bisa menyebabkan masalah pada tubuh.

Dilansir dari The Health Site, bahan tambahan berupa pemutih pada makanan berupa permen karet dan mayonnaise bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berdasar sebuah penelitian, hal ini bisa memunculkan penyakit berupa radang usus dan kanker kolorektal.

Penelitian ini dilakukan pada tikus dengan tujuan melihat efek kesehatan dari tambahan makanan E171 (titanium dioksida nanopartikel). Kandungan ini umum digunakan dengan jumlah besar pada makanan dan sejumlah obat sebagai pemutih.

Kandungan E171 ini bisa ditemui pada lebih dari 900 produk makanan. Besarnya jumlah produk yang memiliki kandungan ini menyebabkan banyak masyarakat yang mengonsumsinya pada kehidupan sehari-hari.

Konsumsi dari makanan yang mengandung E171 memiliki dampak pada mikrobiota usus dengan munculnya miliaran bakteri yang hidup di usus. Hal ini dapat memicu penyakit seperti radang usus dan kanker kolorektal.

"Telah banyak diketahui bahwa komposisi makanan memiliki dampak besar pada fisiologi dan kesehatan. Namun peran tambahan makanan masih belum banyak dipahami," jelas peneliti Wojciech Chrzanowski, Associate Professor dari University of Sydney.

"Penelitian ini menghadirkan bukti bahwa konsumsi makanan yang mengandung tambahan E171 mempengaruhi mikrobiota usus serta memunculkan peradangan yang dapat berujung pada penyakit seperti radang usus dan kanker kolorektal," tandasnya.

Baca juga:
7 Hal Sehari-Hari yang Tanpa Kamu Sadari Ternyata Bisa Sebabkan Kanker
Latihan Angkat Beban Bisa Turunkan Risiko Kanker Usus pada Seseorang
Kandungan yang Terdapat di Dalam Cabai Ternyata Bisa Bantu Obati Kanker Paru-Paru
Sejumlah Penyakit yang Mengancam Kesehatan Pria Kala Usia Senja
Penyakit Kanker Ternyata Dipengaruhi Kondisi Ekonomi Suatu Negara
Kutil pada Bagian Pribadi Tubuh Bisa Picu Munculnya Kanker

(mdk/RWP)