Telapak kaki, bagian tubuh yang butuh perhatian ekstra

SEHAT | 7 Desember 2015 09:12 Reporter : Sumber:

Merdeka.com - Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan

Dok, apa ya obat yang efektif untuk melembabkan kulit telapak kaki yang kering? Sebab saya malu dengan kondisi kulit telapak kaki saya yang mengelupas. Apakah ada indikasi penyakit tertentu kenapa hal ini terjadi pada saya?

Jawaban

Kulit telapak kaki berbeda dengan bagian kulit lainnya, teksturnya liat namun juga lembut. Bagian kulit telapak kaki juga lebih tebal untuk melindungi kaki saat berjalan. Dia sangat lentur dan mengikuti pergerakan kaki. Sayangnya bukan berarti ketebalannya membuatnya selalu kuat dan nyaris tanpa gores. Berjalan kaki setiap hari membuat bagian telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah. Berikut terdapat penyebab dari keluhan yang Anda alami :

Kurangnya kelembaban

Kurangnya kadar air di dalam tubuh dapat mempengaruhi penampilan kulit dan membuat kulit telapak kaki jadi kering dan kasar, bagian terluarnya mengelupas dan membuat telapak terlihat pecah-pecah. Apabila dibiarkan dalam kondisi ini, akan membuat kaki jadi terasa pedih.

Bertelanjang kaki

Berjalan tanpa alas kaki meningkatkan resiko telapak kaki yang tergores dan tergesek benda atau lantai yang keras. Alhasil, kulit jadi kering dan pecah-pecah.

Salah pilih alas kaki

Alas kaki yang keras dan kurang memberikan perlindungan pada kaki juga meningkatkan resiko telapak kaki pecah-pecah. Terutama debu dan kotoran juga akan tinggal menempel di sana dan bisa memicu problem lainnya.

Bagaimana mengatasi telapak kaki kering dan pecah-pecah?

  • Cukupi kebutuhan air minum
  • Gunakan lotion atau body butter khusus untuk perawatan telapak kaki kering dan pecah-pecah
  • Pilihlah alas kaki yang nyaman dan melindungi dengan maksimal
  • Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk mengikis bagian kulit yang mengelupas sehingga membantu meregenerasi kulit.

Dijawab oleh dr. Deffy Leksani Anggar Sari

Minggu ini merdeka.com mengusung tema seputar tips sehat selama musim hujan. Punya pertanyaan? Yuk kirim pertanyaan Anda ke support@merdeka.com. Jangan lupa sertakan alamat akun media sosial Anda juga yah. (mdk/feb)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.