Telinga Berdenging dan Mimisan Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Nasofaring
SEHAT | 11 Januari 2019 12:04 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Telinga berdenging dan mimisan yang terjadi secara terus menerus walau sudah diobati sebaiknya segera mengalami pemeriksaan lanjutan. Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) Marlinda Adham menyebut bahwa dua kondisi tersebut dapat menjadi gejala awal dari terjadinya kanker nasofaring.

"Kalau sudah melakukan pengobatan 2-3 kali, tapi gejalanya masih menetap seperti telinga masih berdenging, mimisan makin banyak padahal tidak ada gejala infeksi hidung, itu harus segera dievaluasi," kata Marlinda dalam program video Dokter Bicara Kanker di Liputan6.com.

Evaluasi pada masalah tersebut bisa dilakukan dengan mendatangi dokter spesialis THT. Nanti akan dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab telinga terus berdenging dan tersumbat, mimisan, telinga terasa penuh.

Daerah nasofaring itu terletak di hidung bagian terujung di atas rongga mulut. Area ini begitu tersembunyi sehingga sulit dievaluasi.

"Nasofaring letaknya tersembunyi, di balik rongga hidung dan tersembuni di atas rongga mulut," kata Marlinda.

Untuk melakukan tindakan evaluasi pada orang yang mengalami telinga berdenging, mimisan dan telinga terasa penuh dokter akan menggunakan bantuan alat.

"Dokter THT akan melihat dengan nasoendoskopi untuk meneropong ke daerah nasofaring. Untuk mengetahui ada atau tidak tumor di daerah nasofaring," kata Marlinda.

Reporter: Benedikta Desideria

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:

Kanker Nasofaring, Penyakit Ustaz Arifin Ilham yang Gejalanya Mirip Pilek

Dukungan Swasta untuk Riset Kanker di Indonesia

Penderita Kanker Bisa Sembuh dan Tidak Boleh Ditakuti dengan Kematian

Benarkah Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Sebabkan Meningitis?

Ustaz Arifin Ilham Sakit, Bisakah Survivor Kanker Limfoma Alami Penyakit Lain?

4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing

4 Masalah Kesehatan yang Mengintai Para Pekerja Sif Malam

(mdk/RWP)