Telinga Sering Terasa Gatal? Jangan Disepelekan, Mungkin Ini Penyebabnya

Telinga Sering Terasa Gatal? Jangan Disepelekan, Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi telinga sakit. ©2012 Shutterstock/Aaron Amat
SEHAT | 15 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu masalah keseahatan yang sering dialami oleh seseorang adalah kondisi telinga yang gatal. Hal ini bisa menimbulkan rasa geli serta kadang terasa mengganggu.

Dilansir dari The List, menurut McGovern Medical School, telinga gatal merupakan sebuah masalah yang dialami banyak orang. Pada beberapa orang, masalah ini tidak mengganggu, namun pada beberapa orang lain bisa terasa sangat menyebalkan.

Walau begitu, kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa jadi gejala dari masalah serius. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu dan mengidentifikasi penyebab masalah ini.

Terdapat berbagai alasan penyebab mengapa telinga terasa gatal, salah satu penyebab utama adalah alergi. Hal ini bisa berupa reaksi alergi terhadap produk rambut baru atau juga pada makanan yang kamu konsumsi.

Kondisi ini membuat penting untuk berhati-hati terhadap perubahan rutinitas kecantikan atau pola makan. Kamu perlu berhati-hati terutama ketika memiliki alergi terhadap sesuatu di masa lalu.

Alergi perubahan musim bisa menjadi penyebab terjadinya telinga gatal ini. Hal ini seiring dengan mata dan hidung berair serta tak disadari oleh banyak orang.

2 dari 3 halaman

Bisa Disebabkan Cotton Buds

Jika rasa gatal berada di dalam kanal telinga, hal ini bisa terjadi karena masalah kebersihan. Memasukkan berbagai hal ke dalam telinga termasuk cotton buds bisa menyebabkan iritasi dan peradangan di telinga.

Hal ini bisa meningkatkan peluang kamu mengalami infeksi telinga. Hal lain yang bisa menyebabkan masalah ini adalah penyumbatan kotoran telinga.

Jika rasa gatal terjadi di bagian luar kanal telinga atau di kulit, hal ini bisa disebabkan oleh psoriasis. Masalah kulit ini berupa kulit pecah-pecah di sekitar telinga.

3 dari 3 halaman

Adanya Infeksi Telinga

Rasa gatal di telinga bisa jadi juga menjadi tanda dari infeksi telinga. Namun jika kamu tak dapat menemukan penyebab rasa gatal di telingamu, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Dalam mengatasi rasa gatal di telinga, kamu disarankan untuk tidak melakukan apa pun. Kamu disarankan untuk tidak menggaruk telinga atau memasukkan hal-hal apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter.

(mdk/RWP)

Baca juga:
8 Perawatan Kebersihan Sehari-Hari yang Ternyata Kamu Lakukan secara Salah
Apakah Aman Tidur Dengan Earphone Terpasang Semalaman?
Simak 6 Bahaya Akibat Terlalu Sering Menggunakan Earphone
Ketahui Gejala yang Muncul ketika Anak Mengalami Infeksi Telinga Tengah
5 Bahaya yang Mungkin Muncul Akibat Menahan Bersin

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini