Tenggorokan gatal dan sakit? Itu gejala radang amandel!

Tenggorokan gatal dan sakit? Itu gejala radang amandel!
Tenggorokan gatal. ©2012 Merdeka.com
SEHAT | 27 Juni 2012 10:26 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Amandel bisa menjadi sangat menyakitkan. Hal ini disebabkan oleh suatu proses, di mana bakteri dan kuman yang ingin keluar dari tubuh menjelma dalam bentuk batuk. Masalah ini juga dikenal sebagai Tonsilitis, masalah tenggorokan yang muncul terutama selama musim hujan. Bila perubahan musim sering membuat Anda terkena infeksi tenggorokan, cara terbaiknya adalah untuk mencegah penyakit itu menempel pada tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah munculnya amandel, seperti yang dilansir di Boldsky

1. Kebersihan diri: Kebersihan adalah salah satu faktor utama untuk memastikan tubuh Anda sehat. Cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan, setelah bersin atau batuk dan lain-lain. Batuk memang mudah menular, Anda harus lebih berhati-hati saat bergaul dengan orang yang sedang menderita batuk dan meriang. Cuci tangan dan tutup mulut Anda ketika seseorang bersin atau batuk sembarangan.

2. Hindari minuman dingin: tenggorokan Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi, jika Anda minum minuman dingin. Untuk mencegah radang amandel, cobalah tindakan pencegahan ini. Jika Anda haus dan ingin mengalahkan dahaga dengan sebotol minuman dingin, tunggu sampai keringat Anda mengering. Ketika Anda mulai rileks dan tidak berkeringat, minum minuman dingin tersebut. Ingat! Jangan terlalu dingin!

3. Minum teh herbal: Ini adalah salah satu cara yang paling efektif dan sehat untuk mencegah radang amandel. Minum teh herbal untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan batuk. Sebaiknya Anda minum teh hijau, teh kayu manis, cengkeh atau teh kapulaga. Jenis teh ini lebih sehat bagi tubuh Anda, terutama tenggorokan.

4. Hindari buah jeruk: Asam dalam buah jeruk dapat menyebabkan infeksi tenggorokan. Namun tidak berarti bahwa Anda tidak boleh makan buah jeruk sama sekali. Ketika tenggorokan Anda terasa gatal atau sakit, hindari makan buah jeruk seperti jeruk nipis, jeruk, stroberi, dan lain-lain. Selain itu, saat musim hujan juga hindari buah-buahan yang diambil atau disimpan langsung dari kulkas.

5. Merokok: Tembakau adalah salah satu alasan di balik munculnya amandel. Untuk mencegah infeksi tenggorokan, berhentilah merokok. Tembakau membuat tenggorokan kering sehingga menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

6. Membersihkan rumah: Cuci seprai, bantal dan guling Anda sekali dalam seminggu. Ini mencegah debu dan kuman menetap di rumah atau kamar Anda.

Minum banyak air dan ikuti pola makan yang sehat untuk mencegah munculnya amandel. Hindari junk food dan makanan berminyak selama perubahan musim. Jika tenggorokan Anda terasa gatal atau sakit, Anda harus berhati-hati. Itu bisa jadi gejala tonsilitis.

(mdk/des)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami