Tentukan Pilihan Transportasi untuk Liburan saat Pandemi dengan Bijak

Tentukan Pilihan Transportasi untuk Liburan saat Pandemi dengan Bijak
SEHAT | 23 Oktober 2020 15:00 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Akhir bulan Oktober banyak masyarakat yang sudah memiliki rencana untuk berwisata memanfaatkan libur panjang yang ditetapkan pemerintah. Transportasi menjadi kendala utama bagi sebagian orang yang ingin sejenak melepas kejenuhan menghadapi pandemi ini.
Masih banyak masyarakat yang khawatir dan ragu jika harus berpergian dengan menggunakan transportasi umum. Terlebih penyebaran virus covid-19 masih merajalela. Berikut beberapa alternatif moda transportasi untuk menuju destinasi wisata favorit anda.

1. Naik mobil pribadi
Jika anda memiliki kendaraan pribadi akan sangat berguna sekali untuk melakukan kegiatan luar rumah menuju tempat liburan favorit anda. Mobil pribadi menjadi pilihan paling aman karena hanya anda dan keluarga saja yang berada dalam kendaraan tersebut. Anda juga bebas menentukan pilihan mau pergi kemana saja tanpa khawatir, asal tetap memperhatikan protokol kesehatan.

2. Sewa mobil
Jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi dan menghindari transportasi umum, tetapi sangat ingin berlibur. Anda bisa memilih untuk menyewa mobil. Jasa sewa mobil saat ini menjadi pilihan utama untuk menunjang mobilisasi, salah satunya liburan.
Mobil menjadi moda transportasi pilihan keluarga karena bisa memuat banyak orang dan barang. Tetapi pastikan bahwa orang yang berada dalam mobil tersebut adalah keluarga satu rumahmu. Selain itu, dengan membawa mobil anda bisa kemana saja tanpa harus menunggu transportasi umum datang.

3. Pilihlah transportasi umum yang menerapkan protokol kesehatan ketat
Jika memang harus bepergian dengan menggunakan transportasi umum. Pilihlah transportasi yang mempunyai kebijakan ketat dalam penggunaan alat pelindung diri (APD), seperti masker, face shield dan menjaga penerapan social distancing. Tak hanya itu, anda sendiri juga harus mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan atau jangan lupa membawa hand sanitizer.

Jangan lupa juga untuk membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika akan menggunakan jasa transportasi umum. Misalnya surat keterangan bebas covid-19, yaitu rapid test non-reaktif atau swab test.

Selamat berlibur, jangan lupa protokol kesehatan ya dan ingat 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (mdk/ttm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami