Terapi hormon cegah infeksi saluran kemih pada wanita

SEHAT | 29 Juni 2013 15:06 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Terapi estrogen pada vagina diketahui bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita yang sudah melewati masa menopause, ungkap penelitian terbaru.

Infeksi saluran kemih adalah hal yang umum dialami wanita. Sekitar 25 persen wanita bahkan mengalami infeksi datang kembali. bertambahnya usia menyebabkan kemungkinan terkena infeksi menjadi meningkat akibat menurunnya produksi estrogen.

Selama ini, antibiotik menjadi satu-satunya senjata bagi wanita untuk melawan infeksi saluran kemih. Namun peneliti melihat bahwa perubahan harus dilakukan. Para wanita membutuhkan opsi lain untuk mengobati infeksi saluran kemih mereka, seperti dilansir oleh US News (20/06).

Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Science Translational Medicine mengungkap bahwa menggunakan terapi estrogen vagina bisa menjadi cara mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada wanita yang sudah melewati masa menopause.

Peneliti menemukan bahwa estrogen meningkatkan produksi antimikrobial alami pada kandung kemih. hormon ini juga membuat jaringan pada saluran kemih menjadi lebih kuat dengan menutup celah antara sel pada lapisan pinggir kandung kemih. Dengan mengisi celah-celah kosong, estrogen membuat bakteri menjadi lebih susah masuk ke dalam kandung kemih.

Tak hanya itu, estrogen juga mencegah sel untuk jatuh dari lapisan atas dinding kandung kemih. Ketika infeksi terjadi, estrogen juga membantu mendistribusikan sel serta mencegah hilangnya terlalu banyak sel pada kandung kemih.

(mdk/kun)