Terapkan 3S untuk Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Terapkan 3S untuk Mencegah Terjadinya Osteoporosis
SEHAT | 27 Oktober 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu masalah tulang yang rentan dialami banyak orang adalah osteoporosis. Pakar Gizi Medik FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan kampanye 3S sebagai langkah nyata cegah osteoporosis.

“Osteoporosis merupakan penurunan kualitas dan kepadatan tulang yang dapat membuat tulang lebih rapuh dan mudah patah. Nutrisi seperti kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang,” ujar Saptawati beberapa waktu lalu.

Di Asia, osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum dan mahal, di mana kemajuan sosial ekonomi dibarengi dengan populasi penduduk yang menua dengan cepat.

Di Asia Tenggara, Osteoporosis memiliki dampak yang parah pada kualitas hidup dan kemandirian penderitanya, dan merupakan beban sosial dan ekonomi yang cukup besar bagi individu, komunitas dan sistem kesehatan masyarakat.

Maka dari itu, kampanye 3S mulai disuarakan dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat luas dan langkah nyata untuk mencegah osteoporosis agar kesehatan dan kualitas hidup dapat terjaga.

Kampanye 3S terdiri dari saatnya mulai dari dini, sediakan nutrisi dan terapkan pola hidup sehat, serta suplementasi dengan vitamin D dan kalsium.

Baca Selanjutnya: S-1 Saatnya Mulai Dini...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami