Terlalu Sering Makan Sendirian Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan Pada Seseorang

SEHAT | 9 Mei 2019 19:10 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kesendirian merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan sejumlah masalah pada diri seseorang. Hal ini tak hanya melibatkan masalah mental saja namun juga pada masalah fisik.

Dilansir dari Her, berdasar penelitian yang diterbitkan pada Obesity research & Clinical Practice, diketahui bahwa makan sendirian ketika makan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang makan sendirian dua kali sehari lebih rentan alami masalah.

Masalah kesehatan yang mungkin muncul ini berupa kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan sebagian menunjukkan tanda pra-diabetes. seluruh data ini didapat melalui membandingkannya dengan mereka yang makan bersama orang lain yang secara keseluruhan menunjukkan tanda yang rendah dari berbagai gejala tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan melihat pola makan dari 7.725 pria di Korea Selatan. Diketahui bahwa mereka yang makan sendiri mengalami 45 persen peningkatan risiko obesitas dan 64 persen peningkatkan risiko masalah metabolisme.

Faktor eksternal lain juga dicatat untuk melihat bagaimana itu memengaruhi ketika seseorang makan sendirian. Berdasar Annalijn Conklin, asisten profesor dari University of British Columbia, faktor sosioekonomik serta gaya hidup juga berperan besar.

"Pria yang tidak menikah dan makan sendirian memiliki hasil yang lebih buruk dibanding orang lain dalam penelitian ini, hal tersebut juga berkaca pada penelitian lain yang telah dilakukan berdasar hubungan sosial dan kualitas diet," terangnya.

Tekanan hidup yang tinggi serta gangguan tidur disebut juga memainkan peran dalam hal ini. Conklin menyebut bahwa hal ini menandakan hubungan antara makan sendirian serta masalah metabolisme.

Baca juga:
Bahaya yang Muncul dari Kebiasaan Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki
Berdasar Penelitian, Begini Cara untuk Kurangi Konsumsi Gula dalam Teh dan Kopi
8 Manfaat Luar Biasa dari Kurma, Sang Primadona di Bulan Ramadan
Kendati Tak Mematikan, Nyeri Punggung Bisa Picu Munculnya Depresi
Ini Durasi yang Tepat dalam Memberikan ASI pada Buah Hati
Operasi Penurunan Berat Badan Bisa Sebabkan Masalah pada Kehamilan Wanita Kelak

(mdk/RWP)