Ternyata, pria juga perlu senam kegel

SEHAT | 2 Februari 2015 20:51 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Selama ini Anda mengetahui bahwa senam kegel hanya diperlukan wanita. Sebab senam kegel akan menjaga kekencangan otot vagina yang diperlukan untuk menjaga hubungan suami istri. Namun nyatanya, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, pria pun wajib untuk melakukan senam kegel atau olahraga lainnya yang penting untuk meningkatkan kekencangan otot kegel.

"Kegel atau otot pubococcygeus (PC) membantu agar fungsi kandung kemih dan ejakulasi Anda tetap baik, Namun seiring dengan pertambahan usia, otot ini mampu melemah baik di sisi wanita maupun pria. Selain dengan cara senam, Anda pun bisa melakukan aktivitas lain untuk menjaga kekencangan otot ini," ujar Marni Kinrys, peneliti dari Amerika Serikat.

"Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan cara duduk kemudian berbaring dengan lutut yang dibuka. Secara perlahan, tarik otot panggul Anda ke atas selama yang Anda bisa. Setelah itu turunkan dan istirahatkan selama 4 detik. Ulangi lagi selama beberapa kali," sarannya. "Hasil dari latihan ini bisa dilihat dalam waktu 3 bulan jika Anda rutin melakukannya."

"Hingga saat ini sekitar 40% pria mengalami ejakulasi dini karena kendurnya otot PC. Ditambah dengan stres yang dihadapi, maka kondisi ejakulasi dini ini dapat memburuk," tambah Wendy Hurn, konsultan urologi di Bristol Royal Infirmary.

Manula, jangan takut untuk berhubungan seks

Terapkan 6 peraturan ini untuk hangatkan ranjang

Berhubungan seks sama sehatnya dengan berenang?

(mdk/feb)