Tersedak Bisa Berujung Maut, Segera Lakukan Pertolongan Secepatnya

SEHAT | 4 September 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika tersedak benda asing, seseorang tak hanya mengalami rasa tak nyaman saja, namun juga bisa membahayakan nyawanya. Oleh karena itu, seseorang tak bisa menyepelekan masalah tersedak ini dan perlu mendapat pertolongan yang tepat dan cepat.

Dokter spesialis paru konsultan Dicky Soehardiman menyampaikan, tersedak benda asing, seperti kacang, daging, buah, dan bakso dapat menyumbat saluran pernapasan.

"Saluran pernapasan bisa tersumbat total karena tersedak. Ini menyebabkan kematian kalau tidak dilakukan tindakan segera," jelas Dicky dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan yakni teknik abdominal thrusts. Teknik ini disebut juga Heimlich maneuver, yang mana cara menekan area ulu hati secara kuat untuk mengeluarkan sumbatan benda asing.

"Tekniknya, kita berada di belakang korban yang tersedak, lalu tangan melingkari tubuh korban. Ya, kita memeluk korban dari belakang. Saat memeluk itu, satu tangan kita mengepal, jempol menekan di atas udel (pusar). Kita tekan itu. Ini untuk meningkatkan diafragma sehingga benda asing dapat keluar. Lakukan berkali-kali," tambah Dicky.

Beberapa benda asing yang sering mengakibatkan tersedak, yakni jarum pentul, kacang, mainan anak yang berukuran kecil. Namun, paling banyak kasus, menurut Dicky, tersedak karena makanan.

Untuk mencegah tersedak karena makanan, Dicky menyarankan fokus saat makan, tidak sambil melakukan kegiatan lain.

"Kita sebenarnya tidak dianjurkan makan sambil multitasking (melakukan aktivitas lain). Kalau makan ya di meja makan, konsentrasilah makan dengan tidak sambil bicara," tambah dokter yang sehari-hari berpraktik di RS Persahabatan Jakarta.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Benarkah Anak Muda Zaman Sekarang Lebih Gemuk Dibanding pada Masa Lalu?
Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria, Ini Gejala Awal yang Muncul
Ini Alasan Banyak Pengidap Kanker Percaya Pengobatan Alternatif Walau Belum Terbukti
5 Cedera yang Paling Umum Kamu Alami Ketika Berolahraga
4 Manfaat Sehat yang Bisa Kamu Peroleh Ketika Berhenti Mengonsumsi Kopi
Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Hanya Memiliki 2 Anak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.