Tips Berpuasa dengan Aman dan Sehat bagi Penderita GERD

Tips Berpuasa dengan Aman dan Sehat bagi Penderita GERD
Ilustrasi sakit perut. Shutterstock/Lusie Lia
SEHAT | 23 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, adanya masalah pencernaan seperti mag, asam lambung atau GERD menjadikan mereka mengalami hambatan saat berpuasa. Mereka khawatir bahwa berpuasa bisa memicu masalah lambung lebih parah.

Kendati demikian, dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi) dari RSCM-FKUI Prof.Dr.dr. Ari Fahrial Syam mengingatkan bahwa ibadah puasa Ramadan tetap dapat dijalani oleh para penderita penyakit asam lambung dengan beberapa catatan.

"Kesimpulannya janganlah takut untuk berpuasa bagi para penderita penyakit GERD atau asam lambung. Kalau merasa lambung tidak nyaman, sehari sebelum puasa dan sebelum sahur bisa minum obat terlebih dahulu," ujar Ari beberapa waktu lalu dilansir Antara.

Rasa tidak nyaman itu dikatakan Ari biasanya hanya terjadi tujuh hingga sepuluh hari di awal puasa, namun kemudian kondisi tubuh akan beradaptasi dan mulai nyaman menjalani puasa tanpa memerlukan bantuan obat. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga mengimbau untuk menghindari konsumsi makanan yang terasa asam, pedas, berlemak tinggi terutama pada saat sahur.

"Kurangi konsumsi makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung. Karena lemak tinggi yang terdapat pada makanan bersantan, susu, jeroan, makanan yang digoreng, serta daging, dapat memperberat cara kerja lambung sehingga puasa menjadi tidak nyaman," kata Ari.

Baca Selanjutnya: Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi dan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami