Tips Memilih Masker Medis Asli Guna Lindungi Diri dari Covid-19

Tips Memilih Masker Medis Asli Guna Lindungi Diri dari Covid-19
Ilustrasi masker medis. ©2021 Merdeka.com/liputan6.com
SEHAT | 25 Oktober 2021 06:39 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Meski angka kasus positif Covid-19 terus menurun, namun pandemi Covid-19 belumlah usai. Anda wajib menerapkan protokol kesehatan meski sudah melakukan vaksinasi lengkap. Salah satu cara yang bisa Anda lalukan adalah dengan memilih masker medis asli yang aman melindungi Anda dari paparan Covid-19 kala beraktivitas.

Ada beragam masker yang dipakai masyarakat di masa pandemi Covid-19. Satu di antaranya masker medis. Anda perlu mengetahui masker medis yang asli dan aman. Satgas Penanganan Covid-19 pun memberikan tipsnya.

Untuk memastikan masker medis asli, pertama Anda bisa memeriksa izin edar resmi. Masker medis asli memiliki nomor izin dari Kementerian Kesehatan. Kedua, Anda bisa mengecek tekstur masker medis. Masker medis asli memiliki bahan material spunbond non-woven, spunbond, meltblown, spunbond dengan 3 lapisan.

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek masker medis yang Anda beli merupakan masker asli adalah dengan melakukan uji ketahanan air. Tuangkan air ke dalam lapisan dalam masker, jika masker dapat menahan air tanpa bocor yang berarti, maka masuk kategori masker medis asli.

Beberapa masker medis yang disarankan oleh Satgas Covid-19 adalah masker N95 dan masker facepiece respirator.

Masker N95 bisa mencegah keluarnya droplet akibat batuk atau bersin serta tidak ada kebocoran. Masker ini dianjurkan untuk tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19.

Sedangkan masker facepiece respirator bisa menyaring virus yang terdapat dalam droplet besar atau kecil. Efektivitas filtrasi masker facepiece respirator lebih dari 99 persen. Masker ini dipastikan tidak mengalami kebocoran dan bisa melindungi terhadap aerosol dan airbone.

Penggunaan masker sebagai salah satu penerapan disiplin protokol kesehatan selain mencuci tangan dan jaga jarak, bisa menjadi cara efektif untuk segara mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia. Selain itu, lakukanlah vaksinasi Covid-19 untuk segara menciptakan herd-immunity di masyarakat.

(mdk/dzm)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami