Tips Mudah Merawat Payudara Wanita pada Saat Kehamilan

Tips Mudah Merawat Payudara Wanita pada Saat Kehamilan
SEHAT | 1 Juni 2020 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat seorang wanita tengah hamil, dia bakal mengalami sejumlah perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi adalajh pada bagian payudara.

Perubahan payudara ini dapat terjadi pada saat kehamilan dan berlanjut hingga melahirkan dan setelahnya. Terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab perubahan payudara ini.

Fluktuasi hormon, peningkatan aliran darah, serta produksi kolostrum menjadi penyebab terjadinya hal ini. Perubahan ini bisa berujung pada rasa sakit dan tak nyaman di payudara.

Pada saat hamil, payudara menjadi lebih besar dan sensitif. Selain itu, puting juga bisa menjadi kering dan merekah dibanding biasanya.

Perubahan pada payudara ini bisa ditangani dengan berbagai cara. Dilansir dari Mom Junction, begini cara untuk merawat payudara wanita pada saat hamil.

1 dari 5 halaman

Pijat Payudara

Memijat payudara bisa membantu mengatasi pembuluh yang tersumbat, stretch mark, serta puting pecah-pecah. Gunakan pelembap atau minyak zaitun dan usap di payudara dalam gerakan memutar menggunakan ujung jari.

Pijatan di payudara bisa meningkatkan asupan ASI, melembutkan payudara, menghaluskan kelenjar susu, serta membuat bayi lebih mudah menysusu. Jangan memijat payudara terlalu kencang serta berhenti memijat jika kamu merasa nyeri.

2 dari 5 halaman

Tetap Aktif

Tetap berolahraga dan miliki pola maan yang sehat. Pereganga secara lembut bisa memperkuat tubuh bagian atas. Peregangan lengan bisa memperkuat otot payudara serta menghilangkan nyeri payudara. Walau begitu, jangan melakukan aktivitas fisik secara berlebihan.

3 dari 5 halaman

Gunakan Bra yang Tepat

Bra menyusui yang nyaman serta terbuat dari katun bisa membantu pasalnya ketika megandung, payudara bakal membesar. Pilihan lain yang bisa kamu gunakan adalah sport bra. Dua jenis bra ini bisa membuat otot di bawah bra jadi terbentuk dan mencegahnya mengendur.

4 dari 5 halaman

Selalu Perhatikan Puting

puting

Kondisi dan bentuk puting perlu sangat diperhatikan pada kehamilan. Puting yang datar atau melesak ke dalam bisa berdampak buruk ketika menyusui.

5 dari 5 halaman

Jaga Selalu Kebersihan

Sedikit kolostrum mungkin bisa merembes keluar pada saat setelah melahirkan. Kamu bisa menggunakan kain katun atau penutup khusus untuk menyerap cairan ini. Membersihkannya dengan tepat bisa membantu menjaga kebersihan payudara. (mdk/RWP)

Baca juga:
Perawatan Kulit yang Tepat Dilakukan Seiring Bertambahnya Usia Kehamilan
Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri
Redakan Mual saat Hamil Muda, Menurut Kepala BKKBN, Ini Dua Hal yang Harus Dikonsumsi
Pasangan Suami Istri Disarankan Menunda Kehamilan saat Masa Pandemi
Hal yang Perlu Diketahui ketika Hamil di Masa Pandemi COVID-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5