Tunda Waktu Makan Bisa Tingkatkan Gula Darah Hingga Picu Batu Empedu

Tunda Waktu Makan Bisa Tingkatkan Gula Darah Hingga Picu Batu Empedu
ilustrasi makan. ©www.tipsfordieting.com
SEHAT | 16 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Karena alasan kesibukan atau juga hal lainnya, banyak orang yang menunda-nuda waktu makan mereka. Ternyata, hal ini tak hanya menimbulkan dampak dalam jangka pendek saja, namun juga bisa berbahaya pada jangka panjang.

Dokter spesialis gizi klinis, Eva Maria Christine mengatakan menunda waktu makan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan efek jangka panjangnya dapat menyebabkan batu empedu. Menunda waktu makan dan melipat gandakan porsi pada kesempatan berikutnya akan membuat tubuh menjadi "bingung", akibatnya kerja sistem metabolisme menjadi berantakan dan membuat gula darah naik.

"Tubuh jadi bingung akhirnya apa, gula darahnya malah naik. Karena optimalnya tiap tiga jam ada hormon insulin yang dilepaskan oleh pankreas, ada makanan masuk dia keluar, dia turunin gula darah," kata dr. Eva beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

"Kalau enggak ada makanan yang masuk apa yang terjadi? Insulinnya tetap keluar, gula darahnya tetap turun akhirnya dia drop bisa pingsan," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Naiknya Gula Darah...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami