Uang Banyak Bisa Menjadi Jalan untuk Membeli Kebahagiaan Seseorang

Uang Banyak Bisa Menjadi Jalan untuk Membeli Kebahagiaan Seseorang
SEHAT | 14 Juli 2020 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ada pepatah yang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Sebuah penelitian terbaru mematahkan pepatah tersebut dengan temuan yang mereka peroleh.

Dilansir dari Medical Xpress, penelitian terbaru dari San Diego State University (SDSU) menemukan hubungan antara kebahagiaan serta sejumla indikator utama status sosioekonomi. Hal ini termasuk pendapatan dan pendidikan yang diperoleh oleh seseorang.

Berdasar data dari General Social Survey yang dilakukan di Amerika Serikat, psikolog dari SDSU, Jean Twenge dan rekannya dari Lynn University, A. Bell Cooper mencari hubungan kedua hal ini. Mereka mempelajari data dari 44.198 orang dewasa di Amerika Serikat pada tahun 1972 hingga 2016.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada American Psychological Association journal Emotion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar pendapatan yang kamu miliki, semakin bahagia kamu jadinya.

"Saya terkejut bahwa pendapatan sangat berhubungan dengan kebahagiaan dan kebahagiaan tidak menurun pada pendapatan yang lebih tinggi," terang Twenge.

"Lebih banyak uang sama dengan lebih tingginya kebahagiaan, bahkan setelah keperluan sehari-hari terpenuhi," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Berdasar penelitian tersebut juga diketahui bahwa hubungan antara pendapatan dengan kebahagiaan lebih besar di saat ini dibanding pada 1970an dan 80an. Twenge menyatakan bahwa pada saat ini uang lebih bisa membeli banyak kebahagiaan dibanding pada masa lalu.

Hasilnya, pada saat ini terdapat perbedaan yang lebih besar pada kebahagiaan. Pada penelitian tersebut, faktor ras bisa sangat menentukan kebahagiaan seseorang.

"Kami tidak yakin mengapa terdapat pertambahan yang terus bertambah pada kebahagiaan, namun hal ini mungkin disebabkan karena ketidaksetaraan pada pendapatan. Yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin," terang Twenge. (mdk/RWP)

Baca juga:
Berdiri di Depan Kompor Menyala Bisa Jadi Cara untuk Atasi Hipertensi
Suka Menonton Film Bencana Bisa Membuat Seseorang Lebih Kuat Menghadapi Pandemi
Masalah Tidur saat Bayi dan Balita Bisa Sebabkan Masalah Mental saat Remaja
Penggunaan Internet Berlebih pada Remaja Bisa Sebabkan Masalah Pengaturan Emosi
Menurut Penelitian, Menggunakan Masker Bisa Buat Orang Lain Lebih Jaga Jarak
Ini Berapa Kali Jumlah Seks Ideal yang Harus Dilakukan Sesuai Usia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami