Vaksinasi Covid-19 Bentuk Kekebalan Selama Bertahun-tahun

Vaksinasi Covid-19 Bentuk Kekebalan Selama Bertahun-tahun
Vaksinasi corona di Kediri. ©2021 Merdeka.com
SEHAT | 30 Juni 2021 00:09 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Kekebalan terhadap virus corona bisa sampai satu tahun atau bahan seumur hidup dan terus meningkat, terutama setelah vaksinasi covid, seperti yang ditemukan dalam dua studi terbaru.

Dari temuan tersebut menambah daftar manfaat vaksinasi covid-19 dan membantu menghilangkan keraguan masyarakat yang masih ragu dan khawatir akan perlindungan terhadap virus hanya berumur pendek, tulis NYTimes seperti dikutip dari Liputan6.com.

Dua penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang telah pulih dari covid-19 dan kemudian divaksinasi, tidak lagi memerlukan booster. Akan tetapi, orang yang divaksinasi yang tidak pernah terinfeksi kemungkinan besar akan membutuhkan booster, begitu pula sebagian kecil orang yang terinfeksi tetapi tidak menghasilkan kekebalan yang kuat.

Menurut salah satu penelitian yang diterbitkan pada Senin (24/05/2021) di jurnal Nature, sel yang mempertahankan memori virus bertahan di sumsum tulang dan dapat mengeluarkan antibodi kapan pun dibutuhkan.

Adapun sebuah situs khusus penelitian biologi bernama BioRxiv, merilis studi yang menemukan bahwa sel B memori tersebut terus menjadi dewasa dan menguat setidaknya selama 12 bulan setelah infeksi awal.

"Makalah ini konsisten dengan literatur yang berkembang yang menunjukkan bahwa kekebalan yang ditimbulkan oleh infeksi dan vaksinasi untuk SARS-CoV-2 tampaknya berumur panjang," kata Scott Hensley, ahli imunologi di University of Pennsylvania yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Namun karena virus seperti virus Corona berubah secara signifikan setiap beberapa tahun, oleh karena itu kita tetap bisa terinfeksi berulang kali sepanjang hidup yang mungkin lebih karena variasi virusnya daripada karena kekebalan kita menurun.

Baca Selanjutnya: Vaksinasi Tingkatkan Kekebalan Tubuh...

Halaman

(mdk/ttm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami