Virus mirip SARS jangkiti 6 orang lagi di Arab Saudi

SEHAT | 15 Mei 2013 13:33 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Arab Saudi telah mengonfirmasi adanya enam kasus terbaru dari koronavirus mirip SARS di provinsi sebelah timur. Terdapat empat kasus baru pada hari Senin dan dua kasus lagi pada hari Selasa.

Kabar baiknya, salah satu korban telah dirawat di rumah sakit dan diperbolehkan pulang, sementara yang lain masih dirawat di rumah sakit, berdasarkan laporan Saudi Press Agency, seperti dilansir oleh Reuters (14/05).

Pada hari Minggu, Arab Saudi mengumumkan bahwa saat ini terdapat total 24 kasus sejak penyakit ni teridentifikasi tahun lalu dan memakan korban 15 orang. Sementara di provinsi sebelah Timur terdapat 15 kasus yang telah dikonfirmasi dengan jumlah korban meninggal sembilan orang.

Pihak berwenang dari WHO telah mengunjungi Arab Saudi untuk berkonsultasi mengenai koronavirus mirip SARS yang tengah mewabah tersebut. Diketahui bahwa virus tersebut bisa ditularkan antar manusia, namun dalam waktu yang lama dan kontak yang sangat dekat.

Koronavirus jenis baru ini bisa menyebabkan batuk, demam, dan pneumonia. Virus ini berasal dari jenis sama dengan virus SARS yang melanda Asia dan dan membunuh 775 orang pada tahun 2003.

Virus baru ini tak hanya memakan korban di Arab Saudi, melainkan juga telah melanda Eropa. Prancis telah mengumumkan korban kedua yang terjangkit virus terbaru mirip SARS ini setelah berbagi ruangan dengan korban pertama.

(mdk/kun)