Wajib tahu, ini 7 tanda penting gejala kemandulan!

Wajib tahu, ini 7 tanda penting gejala kemandulan!
SEHAT | 25 Agustus 2016 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Jika Anda sekarang sedang menantikan sang buah hati dalam sebuah pernikahan namun tak kunjung mendapatkannya, mungkin ada yang salah dari tubuh Anda.

Ini bukan untuk menakut-nakuti, akan tetapi lebih kepada waspada dan mengetahui sejak dini. Ada kemungkinan Anda atau pasangan Anda menderita kemandulan. Memang tidak ada yang menginginkan hal ini. Namun terkadang manusia tak dapat terhindar dari hal-hal semacam ini.

Ada banyak penyebab kemandulan yang diderita, contohnya gaya hidup yang tidak sehat, stres, gizi buruk, cacat pada organ reproduksi, jumlah sperma yang sedikit pada pria, disfungsi ereksi, merokok, dan masih banyak lagi.

Namun tetap ada tanda-tanda yang bisa Anda kenali untuk tahap awal kemandulan. Baik dari pria, maupun wanita. Ini bagus karena agar dapat diobati sedini mungkin. Berikut ini merdeka.com berikan tanda-tanda umum dari kemandulan.

1 dari 7 halaman

Tanda pertama

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Tidak kunjung memiliki tanda-tanda hamil dalam program kehamilan yang telah dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Pasalnya dalam 6 bulan tersebut adalah waktu yang paling ideal untuk konsepsi.

2 dari 7 halaman

Tanda kedua

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Tanda kedua adalah saat wanita tidak memiliki masa haid yang teratur. Ini bisa menjadi pemicu bertambahnya risiko kemandulan. Anda pun harus memeriksa PCOS.

Bagi yang belum mengetahui, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) merupakan masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. PCOS sering ditemukan pada wanita mulai haid pertama sampai usia sekitar 45 tahun.

3 dari 7 halaman

Tanda ketiga

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Tanda ketiga yang mengindikasi Anda mandul adalah jika menstruasi yang Anda alami terjadi sangat berat dan berlangsung selama lebih dari 5 hari. So, sekarang saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter karena hal tersebut dapat memiliki kemungkinan mandul.

4 dari 7 halaman

Tanda keempat

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Selanjutnya adalah ketika menstruasi Anda sangat menyakitkan di tiap bulannya. Rasa sakit tersebut berlangsung selama lebih dari dua hari. Tentu saja ini bukan hal yang wajar. Maka, Anda mungkin saja berada risiko kondisi seperti endometriosis, yang dapat menyebabkan kemandulan.

5 dari 7 halaman

Tanda kelima

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Munculnya jerawat kistik. Apa itu jerawat kistik? Jerawat kistik adalah kategori jerawat parah yang awalnya dipicu oleh pori-pori kulit yang tersumbat sel-sel kulit mati, minyak, atau bakteri.

Nah, jika Anda mulai mengalami jerawat kistik secara tiba-tiba di akhir usia 20-an atau awal 30-an, bisa juga ini adalah pertanda PCOS yang mengarah pada kemandulan.

6 dari 7 halaman

Tanda keenam

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Jika Anda pria, Anda juga memiliki potensi mandul. Namun pertanda yang dimiliki pria jelas berbeda. salah satunya adalah pembengkakan skrotum.

Apa itu skrotum? Skrotum merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi pria. Bentuknya berupa kantong kulit yang menggantung di bagian belakang penis dan berperan sebagai pembungkus penis. Nah, ketika bengkak, akan ada penumpukan cairan, peradangan, atau pertumbuhan abnormal di dalam skrotum. Bisa jadi kondisi tersebut dinamakan varikokel yang dapat menyebabkan kemandulan.

7 dari 7 halaman

Tanda ketujuh

rev1Pertanda mandul. © Boldsky.com

Tanda yang terakhir adalah orgasme kering. Orgasme kering adalah kondisi di saat pria sudah mencapai klimaks, namun tidak ada sperma yang keluar dari penis. Atau jika keluar pun hanya sedikit. Dalam beberapa kasus, sperma tetap keluar, namun sperma yang keluar sangat encer.

Nah, kondisi ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda tidak subur, alias mandul.

  (mdk/ega)

Baca juga:
Rekor, perempuan China ngaku hamil selama 17 bulan
5 Hal terpenting yang membuat wanita tak kunjung hamil
Mengapa ibu hamil tidak boleh mengangkat beban berat? Ini alasannya!
Seorang pria dinyatakan hamil oleh lab di Sri Lanka
[VIDEO] Simak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita ketika hamil
Agar tidak 'lemah,' jaga kesehatan alat vital dengan 7 cara ini!
Wah, ternyata ini 6 hal yang bikin Miss V sakit saat bercinta

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5