Walau Bisa Bikin Kulit Mulus, Luluran Tak Boleh Dilakukan Setiap Hari

SEHAT | 5 April 2019 16:11 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Melakukan scrubbing atau luluran merupakan sebuah hal yang umum dilakukan oleh wanita secara rutin. Namun walau bisa membuat kulit halus dan bersih, namun ternyata luluran ini tak boleh dilakukan setiap hari.

"Scrubbing tubuh atau luluran sebenarnya bukan perawatan terlalu penting untuk dilakukan setiap hari. Kalau sudah mandi, nggak perlu luluran," tutur Kardiana Dewi, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan.

Scrubbing memang dianjurkan, tapi tidak setiap hari. Fungsi utamanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang tak bisa dibersihkan hanya dengan mandi.

"Biasanya kan, suka mandi cepat-cepat. Kali ini benar-benar diperhatikan dan diharapkan sel kulit matinya pun terangkat," kata Kardiana.

Karena tidak terlalu dianjurkan, scrubbing tubuh dianjurkan hanya dilakukan dua hingga empat kali dalam satu bulan agar kelembapan kulit tetap terjaga. Jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering.

"Sebulan sekali sudah cukup. Karena siklus kulit itu kan 28 hari. Jadi, yang dibuang hanya sel kulit mati, bukan kelembapan kulitnya," tandas Kardiana.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id

Baca juga:
Kutil pada Bagian Pribadi Tubuh Bisa Picu Munculnya Kanker
Secara Tak Terduga, Obat Tetes Ini Bisa Untuk Mengobati Luka Akibat Pisau Cukur
Sejumlah Bahaya yang mengancam Jika Anak-Anak Menggunakan Make Up
Masalah Kesehatan Kulit ini Bisa Mengancam Jika Terlalu Lama Terpapar Cahaya Matahari
Sederet Bahan Alami yang Bisa Meredakan Luka Bakar Ringan
Penggunaan Smartphone dan Laptop dalam Jangka Panjang Ternyata Bisa Lukai Kulit

(mdk/RWP)