Wanita dengan Payudara Padat Lebih Berisiko Terkena Kanker Payudara

SEHAT | 18 Oktober 2019 17:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi banyak wanita, memiliki payudara yang padat dan berisi merupakan sebuah impian. namun ternyata kondisi payudara yang padat ini bukan tanpa bahya dan memiliki risiko kanker yang cukup tinggi.

Kepadatan payudara ditandai hasil perbandingan antara jumlah lemak dan jaringan kelenjar payudara. Hal ini hanya bisa dilihat dari hasil pemeriksaan mammogram.

"Payudara padat punya sel di dalamnya lebih banyak. Risiko mutasi gen semakin besar kemungkinan terjadi. Makanya, lebih rentan kena kanker payudara," kata ahli onkologi medik Aru W Sudoyo dalam acara diskusi kanker di Hotel R Rancamaya, Bogor, Jawa Barat.

Aru pun menunjukkan gambar jaringan payudara padat dan tidak. Terlihat sel pembentuk (lemak dan kelenjar payudara) jaringan pada payudara padat sangat banyak daripada payudara tidak padat.

1 dari 1 halaman

Tidak Bisa Dikurangi Lewat Menyusui

Menyusui memang bisa mengurangi risiko kanker payudara. Sel-sel kanker yang terbentuk akan mati secara alami saat wanita memasuki masa menyusui. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi payudara padat.

"Kalau payudara padat, kemungkinan hilang seluruhnya (sel kanker) minim. Ya, karena itu tadi. Jumlah sel pwmbentuk payudara lebih banyak dibanding payudara tidak padat," Aru menerangkan.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Ketika Wanita Menyusui, Sel Kanker Payudara Bakal Mati
Kanker Payudara pada Pria Bisa Jadi Lebih Ganas Timbang pada Wanita
Vans Angkat Isu Kanker Payudara di Desain Terbaru
Bawang Merah dan Putih Diketahui Bisa Bermanfaat Turunkan Risiko Kanker Payudara
Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria, Ini Gejala Awal yang Muncul